Persija Jakarta Juara Liga 1 Indonesia 2018

Selebrasi pemain Persija Jakarta dalam Liga 1 Indonesia Musim 2018. (Antara/Wahyu Putro A.)
09 Desember 2018 17:30 WIB Ahmad Baihaqi Indonesia Share :

Solopos.com, JAKARTA - Persija Jakarta sukses menyabet gelar juara Liga 1 Indonesia musim 2018. Hal itu dipastikan Persija usai membekuk Mitra Kukar dengan skor 2-1 di pekan terakhir.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (9/12/2018) sore WIB, Mitra Kukar memberikan perlawanan sengit kepada Persija. Meski tuan rumah memang lebih mendominasi penguasaan bola.

Persija akhirnya mampu memecah kebuntuan di menit ke-17. Mereka mendapat hadiah penalti setelah Marco Simic dilanggar di kotak terlarang. Simic yang menjadi eksekutor pun mampu menunaikan tugasnya dengan baik.

Pada menit ke-33, Persija nyaris menambah keunggulan. Rohit Chand melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti namun hanya membentur tiang gawang. Begitu pula dengan tendangan Reinan Silva yang melenceng tipis di sisi gawang.

Di sisa menit babak pertama, Mitra Kukar terus mencoba untuk mengejar ketertinggalan. Beberapa peluang didapat namun belum membuahkan hasil. Skor 1-0 untuk keunggulan Persija pun bertahan hingga jeda turun minum.

Di babak kedua, Persija berhasil menggandakan keunggulan. Marko Simic kembali mencatatkan namanya di papan skor tepatnya pada menit ke-58. Memanfaatkan kemelut di kotak penalti Mitra Kukar, Simic menyundul bola liar yang berbuah gol. Persija unggul 2-10.

Mitra Kukar memiliki kesempatan emas untuk memperkecil ketertinggalan. Mereka mendapat hadiah penalti pada menit ke-69 setelah salah seorang pemain Persija handball di kotak terlarang. Sayang, eksekusi Fernando Rodriguez bisa diblok Andritany Ardhiyasa.

Mitra Kukar baru bisa memperkecil kedudukan di menit ke-87. Aldino melepaskan tembakan keras di kotak penalti. Bola sedikit mengenai pemain Persija yang membuat Andritany terkecoh. Skor 2-1 untuk Persija Jakarta bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini membuat Persija memastikan gelar Liga 1 Indonesia. Mereka memuncaki klasemen akhir Liga 1, unggul satu poin dari PSM Makassar yang di laga terakhir juga mengalahkan PSMS Medan.

Susunan pemain

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa, Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Jaimerson, Rezaldi Hehanusa, Sandi Sute, Rohit Chand, Reinan Silva, Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic

Mitra Kukar: Yoo Jae Hoon, W. Pradika, Mauricio Leal, Saepuloh Maulana, Gusmawan, Erminarno, Septian David, Baharsyah, Hendra Bayauw, D. Hartono, Fernando Rodriguez