Tak Cuma Salah, Alisson Juga Layak Dipuji

Alisson Becker (Reuters/Carl Recine)
12 Desember 2018 17:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, LIVERPOOL - Liverpool sukses memastikan diri melaju ke babak 16 Besar Liga Champions. Mohamed Salah menjadi pahlawan The Reds lewat gol kemenangan yang dicetaknya melawan Napoli. Namun tak cuma Salah, kiper Alisson Becker juga layak dipuji.

Melawan Napoli di Anfield, Rabu (12/12/2018) dini hari WIB, Liverpool menang dengan skor tipis 1-0. Satu-satunya gol Liverpool itu dilesakkan oleh Salah pada menit ke-34. Kemenangan 1-0 cukup membawa Liverpool melaju ke fase knock-out mendampingi Paris Saint Germain yang menjadi juara Grup C.

Selain Salah, Liverpool juga patut berterima kasih kepada Alisson. Pasalnya, Alisson melakukan sejumlah penyelamatan gemilang sepanjang laga. Salah satunya adalah penyelamatan krusial di masa injury time.

Kala itu, Alisson sukses memblok tendangan striker Napoli, Arkadiusz Milik. Penyerang asal Polandia itu berdiri bebas di mulut gawang dan berhasil menyontek bola. Beruntung, Alisson mampu memblok bola sehingga tak masuk ke gawang.

Jika Napoli berhasil menyamakan kedudukan, Liverpool butuh dua gol lagi untuk lolos. Tak ayal, penyelamatan Alisson itu juga menjadi faktor penting kelolosan Liverpool. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, lantas memuji setinggi langit kiper asal Brasil tersebut.

"Jika saya tahu Alisson sebagus ini, saya mungkin akan membayarnya dua kali lipat," ujar Klopp seperti dikutip Telegraph.

"Penyelamatan yang dibuat Ali, saya kehabisan kata-kata. Itu adalah penyelamat hidup kami. Dia melakukannya. Saya tak pernah melihat sesuatu yang seperti itu."

"Tapi, ini tak hanya tentang satu penyelamatan itu saja. Dia sangat membantu tim. Penyelamatan itu sangat luar biasa, tapi para pemain melakukannya bersama-sama. Dia masih membutuhkan pemain lain, sehingga tak perlu membuat 100 penyelamatan seperti itu," imbuh Klopp.

Alisson sendiri dibeli Liverpool dari AS Roma pada musim panas ini dengan nilai transfer mencapai 67 juta poundsterling. Dia sempat menjadi kiper termahal dunia sebelum akhirnya dipecahkan Kepa Arrizabalaga yang dibeli Chelsea dari Athletic Bilbao dengan nilai transfer 80 juta poundsterling.