Merugi! Liverpool Tanpa Van Dijk pada Leg Pertama Babak 16 Besar

Virgil van Dijk (Reuters/Carl Recine)
12 Desember 2018 22:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LIVERPOOL — Bek sentral Liverpool, Virgil van Dijk, dipastikan bakal absen pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions nanti. Bek termahal di dunia tersebut terkena sanksi akumulasi kartu kuning setelah melakukan pelanggaran keras kepada penyerang Napoli, Dries Mertens, pada partai pemungkas Grup C di Stadion Anfield, Liverpool, Rabu (12/12/2018) dini hari WIB.

Van Dijk mentekel kaki Mertens ketika merebut bola dari kaki penyerang Napoli tersebut pada menit ke-14. Mertens pun terguling di lapangan. Wasit Damir Skomina yang memimpin laga lantas mengganjar kartu kuning Van Dijk. Alhasil, defender asal Belanda ini tidak bisa memperkuat Liverpool pada leg pertama babak 16 besar nanti.

Tanpa Van Dijk, Liverpool jelas akan merasa kehilangan. Bek jangkung ini merupakan kunci pertahanan kuat Liverpool musim ini bersama kiper Alisson Becker. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, tentu berharap dua bek sentral Liverpool, Joe Gomez dan Joel Matip, lekas pulih dari cedera masing-masing dan bisa memperkuat timnya, Februari 2019 nanti.

"Itu bukan tantangan buruk. Jelas, saya menyentuhnya, namun saya tidak pernah menyakitinya atau semacam itu. Saya mengenai bola dan karena lapangan basah, maka tergelincir dan saya menyentuhnya, ya beginilah sepak bola," ujar Van Dijk membela diri, seperti dikutip Dailymail.co.uk.

Manajer Napoli, Carlo Ancelotti, tidak puas dengan kartu kuning yang dikeluarkan Skomina untuk Van Dijk. Dia menilai Van Dijk layak diganjar kartu merah. Napoli sendiri akhirnya menyerah 0-1 setelah pemain Liverpool Mohamed Salah mencetak gol pada menit ke-34. Liverpool yang akhirnya lolos ke babak 16 besar, sedangkan Napoli harus puas terdepak ke Liga Europa.

Ancelotti yakin apabila VAR sudah diterapkan di Liga Champions, Van Dijk bakal diusir keluar lapangan. Sayangnya, VAR baru akan dipakai di Liga Champions mulai babak 16 besar nanti. "Ada banyak hal yang dibicarakan tentang VAR, ketika itu akan diterapkan di Liga Champions, itu sudah terlambat bagi kami," urai Ancelotti dengan kesal, seperti dilansir Football-italia.net.

Mantan wasit UEFA, Mark Clattenburg, ikut mengutuk pelanggaran Van Dijk. Hanya, dia menilai kartu kuning sudah cukup sebagai ganjaran setimpal bagi bek Liverpool itu. "Satu kartu kuning keputusan yang tepat dan Van Dijk akan absen pada leg pertama babak 16 besar nanti," ujar dia.

Insiden yang dilakukan Van Dijk kepada Mertensmenjadi sorotan di media sosial. Seperti dilansir 101greatgoals.com, bahkan tak sedikit yang membandingkan perilaku Van Dijk ini dengan aksi bek Real Madrid, Sergio Ramos, saat melanggar Mohamed Salah pada final Liga Champions musim lalu, untuk mengkritik fans Liverpool.