Garang! PSG Paling Produktif di Fase Grup Liga Champions

Paris Saint Germain (Reuters/Marko Djurica)
13 Desember 2018 16:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Fase penyisihan grup Liga Champions musim 2018/2019 telah selesai digelar. Sebanyak 16 tim sudah memastikan diri melaju ke fase knock-out. Raksasa Prancis, Paris Saint Germain, mencatatkan sesuatu yang istimewa selama fase grup yakni sebagai tim terproduktif.

Dikutip dari Uefa.com, Kamis (13/12/2018), fase penyisihan grup Liga Champions mempertandingkan 96 laga yang digelar mulai pekan kedua September hingga pekan kedua Desember 2018. Selama periode itu, tercipta 275 gol.

Rataan gol per laga di fase grup Liga Champons pun mencapaoi 2,86. Artinya, ada satu gol yang disetak setiap 32 menit. PSG pun menjadi tim yang paling banyak mencetak gol selama fase grup. Total 17 gol dicetak oleh PSG dari enam laga yang dilalui di fase grup.

Menariknya, sebanyak 17 gol PSG itu dilesakkan dari 48 tembakan tepat sasaran. Artinya, Neymar dkk. berhasil menciptakan satu gol setiap 2,82 percobaan. Dari 17 gol yang diciptakan PSG, sebanyak 13 di antaranya tercipta dari dalam kotak penalti.

Penyumbang terbanyak gol bagi PSG adalah striker andalan mereka, Neymar. Kapten Timnas Brasil itu berhasil mencetak lima gol selama fase grup Liga Champions. Di bawah Neymar ada wonderkid, Kylian Mbappe, yang mencetak tiga gol.

PSG sendiri lolos ke babak 16 Besar Liga Champions sebagai juara Grup C. Mereka mencatatkan 11 poin dari enam laga yang dilalui. PSG didampingi Liverpool yang finis sebagai runner up dengan sembilan poin.

Sementara itu, tim paling produktif kedua di fase grup Liga Champions adalah Manchester City dengan torehan 16 gol. Disusul kemudian Bayern Munchen dan FC Porto yang sama-sama mengoleksi 15 gol.