Heroik! Kiper Muda Manchester City Panen Pujian

Arijanet Muric (Reuters/John Sibley)
20 Desember 2018 15:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, LEICESTER — Kiper muda Manchester City, Arijanet Muric, menjadi pusat perhatian setelah menjadi penentu kemenangan tim dalam drama adu penalti kontra Leicester City dalam perempat final Piala Liga, Rabu (19/12/2018) dini hari WIB. Penjaga gawang 20 tahun yang membela Timnas Kosovo itu berhasil memblok dua tendangan penalti pemain Leicester yang membawa City menang dengan skor 3-1 (1-1).

Musim ini Muric memang selalu menjadi kepercayaan Josep “Pep” Guardiola di bawah mistar gawang saat berlaga di Piala Liga. Di dua laga sebelumnya melawan Oxford United dan Fulham, kiper kelahiran Swiss itu sukses mencatat clean sheet. Kepiawaiannya kembali ditunjukkan saat melawan Leicester yang notabene ujian terberatnya sejauh ini. 

Dengan ketenangannya, Muric berhasil menggagalkan eksekusi penalti James Maddison dan Caglar Soyunchu. Muric sebenarnya juga hampir saja menggagalkan tembakan Harry Maguire karena posisinya sudah pas. Sayang tendangan Maguire terlalu deras sehingga gagal dihentikan sang kiper. 

Di laga itu, hanya Maguire yang mampu mencetak gol dari babak tos-tosan setelah Christian Fuchs juga gagal. Adapun algojo City seperti Ilkay Gundogan, Gabriel Jesus, Oleksandr Zinchenko berhasil melaksanakan tugasnya. Hanya Raheem Sterling yang gagal menjaringkan bola. 

Saat laga normal, Muric juga beberapa kali melakukan penyelamatan krusial salah satunya mementahkan peluang Demarai Gray dengan kakinya. Pujian pun langsung mengalir pada kiper belia tersebut. Gelandang City, Kevin de Bruyne, menilai kiper 198 sentimeter tersebut berandil besar dalam kelolosan tim ke semifinal. 

“Dia membuat beberapa penyelamatan bagus, dia sangat tenang. Saya pikir ini momen indah untuknya,” ujar De Bruyne yang kembali mencetak gol setelah pulih dari cedera, seperti dilansir Sky Sports, Rabu.

Guardiola pun tak luput memberi sanjungan pada Muric. Sang pelatih menilai Muric mampu mengatasi tekanan besar dari lawan di sepanjang laga. Menurut Pep, partai kontra Leicester akan menjadi pengalaman berharga bagi Muric. “Dia berlatih dengan baik, dia sangat pemalu. Dia layak mendapat tepuk tangan atas performanya mala mini,” ujar Pep dilansir mancity.com.