Konsisten Lagi, Bayern Ancam Dortmund

Bayern Munchen (Reuters/Andreas Gebert)
20 Desember 2018 22:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, MUNICHBayern Munchen mulai tampil konsisten di Bundesliga Jerman. Empat kemenangan beruntun berhasil diukir pasukan Niko Kovac. Thomas Muller dkk. pun terus memangkas gap dengan musuh bebuyutan mereka, Borussia Dortmund, yang masih bercokol di puncak klasemen sementara.

Pada spieltag ke-16, Bayern meraih kemenangan 1-0 saat menjamu RB Leipzig di Allianz Arena, Munich, Kamis (20/12/2018) dini hari WIB. Sebaliknya, Dortmund menelan kekalahan 1-2 di markas Fortuna Dusseldorf, sehari sebelumnya. Itu membuat jarak Bayern dengan Dortmund terpangkas menjadi enam poin.

Sinyal Bayern untuk meneruskan hegemoni mereka di Bundesliga sontak kembali menyala. Jarak enam poin masih sangat mungkin dikejar Bayern dan bukan hal mustahil mereka bakal menuntaskan musim ini dengan gelar ketujuh secara beruntun.

“Anda bisa katakan, ini laga yang sangat penting. Kami sedikit mengikuti arus permainan dan kami juga membuat kesalahan dalam penguasaan bola. Namun kami mempunyai pelyung lebih baik secara keseluruhan, dan kami layak menang. Akhirnya, kami yang menang dan kami mulai kembali ke trek,” jelas Muller, seperti dilansir Reuters.

Franck Ribery menjadi pahlawan penentu kemenangan Bayern. Winger kawakan asal Prancis tersebut turun dari bangku cadangan menggantikan Serge Gnabry yang ditarik keluar lapangan karena cedera pada menit ke-28.

Masuknya Ribery tidak sia-sia. Dia melesakkan gol semata wayang pada pertandingan ini pada menit ke-83. Gol Ribery memecah kebuntuan Die Roten yang berkali-kali gagal merobek gawang Leipzig. Ribery menahbiskan diri sebagai pemain yang mampu mencetak minimal dua gol dalam 12 musim di Bundesliga. Dia menyamai rekor Klaus Augenthaler dan memburu rekor Gerd Muller yang minimal mencetak dua gol dalam 14 musim beruntun.

Pertandingan tetap memanas di menit-menit akhir pertandingan dengan diusirnya dua pemain dari masing-masing kubu. Pemain Leipzig, Stefan Ilsanker, dikenai kartu merah setelah melanggar Thiago Alcantara pada menit ke-90+1. Semenit kemudian, giliran pemain Bayern, Renato Sanches, yang diusir keluar lapangan karena mendapat kartu kuning kedua.