Pique Beli Klub Liga Catalan

Gerard Pique (Reuters/Albert Gea)
31 Desember 2018 16:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

BARCELONA — Gerard Pique kembali membuktikan loyalitasnya kepada Catalonia setelah membeli sebuah klub dari Liga Catalan, FC Andorra. Bek Barcelona itu resmi menjadi pemilik FC Andorra setelah dewan direksi klub menyetujui pembelian tim oleh Kosmos Holding, perusahaan milik Pique.

FC Andorra adalah klub yang berlaga di Grup 2 Divisi Satu Liga Catalan. Klub berjuluk Els Tricolors itu kini berada di peringkat delapan kompetisi. Pique tak akan sendiri dalam mengembangkan FC Andorra. Dia mengajak Gabri Garcia dan Albert Jorquera yang notabene eks pemain Blaugrana untuk mengelola Els Tricolors.

“Pagi ini FC Andorra telah mengadakan pertemuan umum luar biasa dengan memasukkan berbagai poin dalam agenda. Semuanya disetujui oleh anggota tanpa suara menentang,” demikian pernyataan resmi FC Andorra ihwal akuisisi Pique, seperti dilansir Marca, Sabtu (29/12/2018).

Awal Desember lalu Pique santer dikabarkan bakal membeli klub. Saat itu, eks bek Manchester United ini disebut bakal membeli klub kecil Spanyol yang kini tengah mengalami krisis keuangan, FC Reus Deportiu. Dilansir Metropoli Alberta, klub yang berlaga di Segunda Division, kasta kedua Liga Spanyol, itu kabarnya telah menghubungi Pique untuk bekerja sama dengan Kosmos Holding.

FC Reus saat ini menanggung hutang sebesar 5 juta euro (Rp82 miliar) yang harus segera dibayar jika mereka tak ingin didepak ke Segunda B. Namun rencana pembelian FC Reus tak kunjung jelas hingga akhirnya Pique mengalihkan investasinya ke FC Andorra.

Sebelum Pique, ada beberapa pesepakbola aktif yang juga memiliki klub. Empat pemain yakni Eden Hazard (Chelsea), Demba Ba (Shanghai Shenhua), Yohan Cabaye (Al Nasr Dubai) dan Moussa Sow (Shabab Al-Ahli) merupakan pemilik klub di North American Soccer League, San Diego 1904 FC. Eks pemain Chelsea dan Olympique Marseille, Didier Drogba juga tercatat memiliki beberapa persen saham klub Amerika, Phoenix Rising FC.