Newcastle United Vs MU: Keganasan Setan Merah Berlanjut?

Manchester United (Reuters/Phil Noble)
02 Januari 2019 08:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, NEWCASTLE - Manchester United menutup 2018 dengan tiga kemenangan beruntun bersama interim pelatih Ole Gunna Solskjaer. Tim berjuluk Setan Merah sangat mungkin meneruskan rentetan hasil fantastis bersama Solskjaer itu pada awal 2019 ini.

United medulang 12 gol dalam tiga laga pertama mereka bersama Solskjaer. Itu menjadikan Solskajer sebagai satu-satunya pelatih dari luar Inggris yang mengukir lebih dari 10 gol dalam tiga laga pertamanya menakhodai United dalam sejarah Liga Premier Inggris. Pelatih asal Norwegia itu mengembalikan keganasan lini serang United yang sempat melempem saat ditukangi Jose Mourinho.

Saat masih dibesut Mourinho, United cuma meraup 29 gol dalam 17 laga di Liga Premier musim ini. Jika ketajaman Paul Pogba dkk. konsisten, Solskjaer bisa membawa United menyalip jumlah gol Setan Merah bersama Mourinho di musim ini tersebut saat melawan Leicester City pada 3 Februari 2019 nanti. Dengan kata lain, Solskjaker hanya memerlukan 9 laga untuk meraih 29 gol.

"Ini beda. Kami masih bisa menang bersama manajer lama, namun ini gaya permainan yang berbeda. Kami lebih ofensif, kami mengkreasi lebih banyak peluang, dan kami bermain dengan garis pertahanan yang lebih tinggi. Kami ingin menyerang. Manajer ingin menyerang. Jadi ini yang kami lakukan," ujar Pogba, seperti dilansir Teamtalk.com, Selasa (1/1/2018).

Pogba menjadi pemain yang paling bersinar sejak Solskjaer menggantikan posisi Mourinho. Gelandang asal Prancis ini mendulang empat gol dan tiga assist dalam tiga laga. Selain Pogba, Marcus Rashford dan Anthony Martial juga bermain lebih enjoy bersama Solskjaer. Satu pemain United lainnya yang berambisi membuktikan bisa ke performa terbaiknya adalah Alexis Sanchez.

El Nino Maravilla, julukan Sanchez, disebut-sebut bakal melakoni comeback setelah absen selama sebulan karena cedera hamstring ketika United melawat ke markas Newcastle United di St. James Park, Newcastle, Kamis (3/1/2018) pukul 03.00 WIB. Pemain asal Chile tersebut tampil mengecewakan sejak diboyong Mourinho dari Arsenal pada Januari tahun lalu.

Sanchez sebenarnya sudah kembali berlatih sebelum United menundukkan Bournemouth 4-1, akhir pekan lalu. "Namun itu terlalu dini [memainkan Sanchez saat melawan Bournemouth]. Dia akan terlibat dalam permainan melawan Newcastle dan dia sudah tidak sabar. Dia melakoni latihan dengan hebat dalam beberapa hari ini dan mencetak beberapa gol cantik, jadi itu memberinya semangat," ungkap Solskjaer, seperti dikutip bbc.com.

United sendiri seperti berjodoh dengan Januari. Setan Merah meraup 67 persen kemenangan dari 99 laga mereka di Januari. United juga hanya sekali merasakan kekalahan dalam laga pembuka tahun dalam 22 tahun terakhir. Tapi United harus hati-hati karena satu-satunya kekalahan tersebut terjadi di St. James Park, pada 2012 lalu.