Chelsea Vs Southampton: Bisa Apa Morata?

Alvaro Morata (Reuters/Andrew Boyers)
02 Januari 2019 09:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LONDON - Masa depan Alvaro Morata di Chelsea disebut-sebut tidak jelas. Striker berusia 26 tahun itu bahkan dispekulasikan bakal dijual pada bursa transfer Januari ini.

Meski begitu, setidaknya Morata masih memiliki kesempatan membuktikan kebolehannya di hadapan Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri. Penyerang asal Spanyol itu berpeluang besar turun sejak menit awal saat Chelsea menjamu Southampton di Stamford Bridge, London, Kamis (3/1/2018) pukul 02.45 WIB.

Saingan Morata di lini depan Chelsea, Olivier Giroud, dipastikan absen pada laga perdana tim asal London Barat itu pada 2019 ini. Giroud menderita cedera kaki saat Chelsea menundukkan Crystal Palace 1-0 lewat gol semata wayang N'Golo Kante, akhir pekan lalu. Saat laga di markas Palace, Giroud diturunkan sejak menit awal. Sedangkan Morata hanya turun sebagai pemain pengganti setelah Giroud ditarik keluar lapangan karena cedera pada babak kedua.

Sarri sepertinya akan memainkan Morata sebagai ujung tombak saat menjamu Southampton. Sedangkan Eden Hazard kembali menempati posisi aslinya di sayap kiri dan Willian di sayap kanan. Sebelumnya, Chelea telah kehilangan amunisi di lini depan menyusul cedera Pedro Rodriguez dan Callum Hudson-Odoi. Di sisi lain, cedera juga dialami gelandang Cesc Fabregas dan bek Ruben Loftus-Cheek.

"Kami dalam masalah besar karena di Januari ini kami harus bermain satu laga dalam tiga hari," jelas Sarri, seperti dilansir skysports.com, Selasa (1/1/2018).

Lantas, apa yang bisa diberikan Morata saat krisis cedera pemain? Eks bomber Real Madrid dan Juventus ini mencetak lima gol dalam 14 penampilannya di Liga Premier musim ini. Artinya, Morata cuma menggengam rasio 0,54 gol per laga. Kali terakhir Morata mencatatkan namanya di papan skor yakni saat ia mengukir brace melawan Palace di Stamford Bridge, November 2018 lalu.

Morata bakal mengandalkan Hazard untuk menyuplai bola ke dirinya. Hazard mendulang 9 assist di Liga Premier musim ini, tertinggi dibandingkan pemain lain. Dua assist Hazard tersebut di antaranya diberikan untuk gol Morata saat melawan Crystal Palace dan Southampton.

Sementara itu, Southampton tidak akan diperkuat kapten Pierre-Emile Hojbjerg yang terkena sanksi empat laga setelah duel melawan Manchester City, akhir pekan lalu. Tanpa Hojbjerg, misi tim berjuluk The Saints ini untuk membalaskan dendam atas kekalahan telak 0-3 dari Chelsea pada Oktober lalu bakal sulit terwujud.