Manchester City Vs Liverpool: Fernandinho Comeback

Fernandinho (Reuters/Darren Staples)
02 Januari 2019 23:10 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTER--Pertahanan Manchester City akan kembali kukuh menyusul kembalinya gelandang jangkar Fernandinho. Pemain Brasil ini akan membendung serangan pemain-pemain Liverpool saat keduanya bertemu di Etihad Stadium, Manchester, Jumat (4/1/2019) pukul 03.00 WIB.

Fernandinho melakoni comeback setelah cedera saat City menundukkan Southampton 3-1, akhir pekan lalu. Fernandinho memang belum berhasil menghentikan tren selalu kebobolan City saat turun di markas Southampton. Tapi, pemain berkepala plontos ini akan mati-matian membendung serangan Liverpool demi menjaga peluang timnya di jalur perebutan gelar juara.

Setelah angin-anginan dalam tujuh penampilan pertamanya musim ini, Fernandino bekerja keras dengan melakukan minimal sekali tekel dalam 11 laga beruntun. Saat City kalah 0-2 dari Chelsea, Fernandinho masih tampil bagus dengan menorehkan enam tekel. Sayangnya, usaha itu tidak berbuah manis bagi timnya di papan skor.

Tanpa Fernandinho, pertahanan City tidak segarang biasanya. Mereka dipaksa menelan tiga kekalahan dalam empat laga di semua kompetisi sebelum melawan Bournemouth. Catatan itu cukup menggambarkan berapa pentingnya peran Fernandinho bagi tim berjuluk The Citizens ini. "Dia sangat penting bagi kami. Tidak diragukan lagi," ujar Manajer City, Josep "Pep" Guardiola, seperti dilansir skysports.com, Rabu (2/1/2019).

Sementara Liverpool memiliki Virgil van Dijk sebagai pemimpin pertahanan. Bek Timnas Belanda ini berkontribusi atas keberhasilan Liverpool mengemas 11 kali clean sheet dalam 20 pertandingan Liga Premier musim ini. Gawang Liverpool yang dikawal kiper Alisson Becker hanya kebobolan delapan gol dalam 20 pertandingan, terbaik di antara pertahanan tim-tim lain.

Dengan penampilan prima Fernandinho dan Van Dijk, pertemuan pertama Liverpool dan City di Liga Premier musim ini berakhir imbang tanpa gol. Dalam bentrok di Anfield, Oktober silam tersebut, Fernandinho mengemas 4 clearance, 3 intersep, dan 3 tekel. Sedangkan Van Dijk mengemas 5 sapuan, 3 intersep, serta 1 tekel.

Van Dijk juga memiliki nilai plus dengan ikut menyumbang gol bagi timnya. Mantan pemain Liga Premier, Jamie Redknapp, dalam ulasannya menyatakan Van Dijk sebagai tipikal bek yang sangat komplet. "Rio Ferdinand, Nemanja Vidic, dan John Terry digabung jadi satu," ujar Redknapp menggambarkan sosok Van Dijk, seperti dilansir goal.com.