Jika Kalah dari Liverpool, City Bisa Kehilangan Kans Pertahankan Gelar

Josep Guardiola (Reuters/Jason Cairnduff)
03 Januari 2019 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTER - Performa Liverpool bersama pelatih mereka, Jurgen Klopp, membuat tidur Manajer Manchester City, Josep "Pep" Guardiola, tidak nyenyak sebulan terakhir ini. Guardiola terang-terangan mengakui Liverpool berserta Klopp "mondar-mandir" di kepalanya terutama setelah tim Merseyside tersebut berhasil mengudeta City dari singgasana klasemen sementara.

Mohamed Salah dkk. memberikan teror tersendiri bagi klub-klub yang bersaing di jalur perebutan gelar juara. Liverpool menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan dalam 20 laga Liga Premier Inggris musim ini. Mereka juga menjadi tim dengan selisih gol terbaik yakni +40 (memasukkan gol 48 kali dan hanya kemasukan gol delapan kali).

"Saya mulai membaca dan kemudian saya mulai berpikir 'Liverpool dan Jurgen Klopp' dan saya tidak bisa fokus," ungkap Guardiola beberapa waktu lalu.

Namun Guardiola dan pasukannya tidak bisa menghindari Liverpool pada laga pembuka Liga Premier Inggris mereka di 2019 ini. City yang tertinggal tujuh poin dari Liverpool bakal bertemu rival langsung mereka di perebutan gelar juara tersebut di Etihad Stadium, Manchester, Jumat (4/1/2018) pukul 03.00 WIB.

Secara matematis, Raheem Sterling cs. masih memiliki kesempatan untuk menyalip Liverpool apabila sampai menelan kekalahan dalam duel di Etihad nanti. Tapi tak bisa ditampik, City bakal ngos-ngosan mengejar Liverpool dalam perlombaan menuju tangga juara jika sampai jarak mereka melebar menjadi 10 poin.

"Dengan posisi Liverpool, jika kami kehilangan poin maka selesai sudah, ini berakhir, itu akan nyaris mustahil," ujar Guardiola, seperti dilansir sports.yahoo.com, Rabu (2/1/2018).

Guardiola sebenarnya sudah dihantui Klopp sejak sama-sama melatih di Jerman. Dalam 15 total pertemuan, Guardiola dipaksa menelan delapan kekalahan oleh tim besutan Klopp. Sejak keduanya sama-sama hijrah ke Inggris, City polesan Guardiola hanya menang sekali melawan Liverpool polesan Klopp di semua kompetisi! Pertemuan terbaru di Anfield, Oktober lalu, pun hanya berakhir seri tanpa gol.

Untung kekuatan City kembali komplit sebelum menjamu The Reds, julukan Liverpool, di Etihad. Sederet pemain yang cedera kembali ke skuat berjuluk The Citizens ini, seperti gelandang David Silva, bomber Sergio Aguero, hingga gelandang jangkar Fernandinho.

Aguero tak pernah absen menorehkan gol dalam enam pertemuan melawan Liverpool di Etihad. Ini menjadikan bomber asal Argentina itu sebagai satu-satunya pemain yang mencetak rekor gol 100 persen melawan sebuah tim pada laga kandang dalam sejarah Liga Premier.

"Saya bukan tipe yang selalu mengingat hal-hal seperti itu [rekor]. Tentu saya ingin mencetak gol sebanyak mungkin agar saya bisa membantu timku menang, dan jika sejauh ini saya moncer melawan Liverpool [di kandang], saya harap saya tetap melanjutkan itu dalam bentrok di Etihad nanti. Sepak bola selalu memberi kesempatan untuk mencetak gol," jelas Aguero, seperti dikutip mancity.com.