Susah Bikin Gol di Stamford Bridge, Ada Apa Chelsea?

Chelsea (Reuters/Paul Childs)
03 Januari 2019 23:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, LONDON — Kutukan Stamford Bridge terus berlanjut saat Chelsea hanya mampu bermain imbang tanpa gol melawan tim papan bawah, Southampton, di pekan ke-20 Liga Premier Inggris, Kamis (3/1/2019) dini hari WIB. Dengan hasil ini, The Blues sudah tiga kali gagal bikin gol dalam lima laga laga terakhirnya di Stamford Bridge.

Padahal di 22 laga kandang sebelumnya mereka cuma tiga kali tak bikin gol. Skor 0-0 melawan Soton semakin menegaskan masalah di lini depan Chelsea. Jika ditarik ke belakang, Eden Hazard dkk. cuma menghasilkan 11 gol dari 10 pertandingan terakhir di kompetisi domestik atau 1,1 gol per laga. Saat menjamu Southampton, The Blues malah tak mampu mencetak gol meski punya 13 peluang, delapan di antaranya tepat sasaran.

Alvaro Morata yang diplot sebagai starter menyusul cedera Olivier Giroud lagi-lagi tak mampu memaksimalkan kesempatan yang dia dapat. Morata memang sempat mencetak gol di pertengahan babak kedua, tapi dianulir karena offside meski dalam tayangan ulang posisinya sebenarnya onside.

Eks striker Real Madrid ini juga menyia-nyiakan peluang seusai mendapat umpan matang dari Ruben Loftus Cheek. Top scorer tim, Eden Hazard, pun tak mampu mencetak gol meski melepaskan empat tembakan.

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri, mengakui timnya punya masalah di lini depan. Dia menyebut anak asuhnya kini seringkali kesulitan mencetak gol pertama. Disinggung soal pembelian striker baru, sang pelatih menyerahkan keputusan pada klub. “Kami harus memecahkan masalah ini. Klub tahu posisi saya, pendapat saya. Semua tergantung manajemen,” ujar Sarri seperti dilansir Telegraph, Kamis.

The Blues sebenarnya masih memiliki Pedro. Namun eks pemain Barcelona itu tengah dibalut cedera. Sedangkan Michy Batshuayi dan Tammy Abraham masih dalam masa peminjaman di Valencia dan Aston Villa. Abraham bisa saja ditarik menyusul penampilan cemerlangnya di Villa. Striker 21 tahun itu telah mengemas 16 gol dari 21 laga di Championship Division. Chelsea juga tengah diisukan akan menukar Morata dengan Gonzalo Higuain.

Di sisi lain, kiper Southampton, Angus Gunn, mendapat pujian setelah melakukan sejumlah penyelamatan gemilang, termasuk peluang emas Hazard di menit ke-57. Padahal laga melawan Chelsea itu merupakan debutnya di Liga Premier Inggris.

Gunn yang berusia 22 tahun kini menjadi kiper Inggris termuda yang mencatat clean sheet di laga debut sejak Ben Amos melakukannya untuk Manchester United saat melawan Stoke, Januari 2012 (21 tahun). “Saya pikir dia telah melakukan pekerjaan luar biasa,” ujar pelatih Soton, Ralph Hassenhuttl.