Son Dipanggil ke Piala Asia 2019, Tottenham Bisa Oleng

Son Heung Min (Reuters/Dylan Martinez)
04 Januari 2019 09:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, LONDON — Son Heung-Min harus “meninggalkan” Tottenham Hotspur saat sedang oke-okenya bersama tim tersebut. Son bakal memenuhi panggilan Timnas Korea Selatan untuk mengikuti ajang Piala Asia 2019 pertengahan Januari mendatang. Absennya Son berpotensi menjadi pukulan keras bagi Spurs yang tengah memburu Liverpool di puncak klasemen.

Bersama Christian Eriksen dan Harry Kane, Son menjadi pemain kunci yang membawa Spurs bertengger di peringkat kedua Liga Premier musim ini. Eks striker Hamburg SV itu sudah mencetak delapan gol dan enam assist di liga. Total Son menyumbang 11 gol dan tujuh assist di semua kompetisi. Sebanyak enam dari 11 golnya dibuat Son hanya dalam lima laga terakhir.

Bukan kali ini saja Son harus meninggalkan Lilywhites demi negaranya. Tahun lalu dia dipanggil Korsel untuk Asian Games 2018 dan berhasil mempersembahkan trofi perdana sejak 59 tahun. Son pun sudah harus meninggalkan Tottenham lagi.

“Saya sangat menyesal karena sudah pernah absen pada bulan September. Saya merasa kasihan kepada rekan setim, penggemar, dan staf pelatih. Kadang-kadang Anda berpikir itu agak menyedihkan, tetapi ini juga penting bagi negara saya,” ujarnya dilansir Daily Mail, Kamis (3/1/2019).

Laga perdana Korsel di Piala Asia 2019 adalah menghadapi Filipina, 7 Januari 2019. Namun Son baru akan bergabung dengan Korsel setelah 13 Januari atau saat laga melawan melawan Tiongkok 16 Januari.

Dengan keputusan itu, Son bisa tetap dimainkan saat Tottenham menghadapi Chelsea di leg pertama semifinal Piala Liga Inggris, 9 Januari dan Manchester United di Liga Premier, 13 Januari. Jika Korsel mampu melaju hingga ke final Piala Asia 2019, Son bakal absen membela Tottenham sampai 1 Februari 2019.

Artinya, Mauricio Pochettino tak akan bisa memakai jasanya saat Tottenham menghadapi Fulham, Watford, Chelsea (semifinal leg kedua Piala Liga) serta Newscastle United. Tanpa Son, pemain dari lini kedua macam Erik Lamela dan Lucas Moura harus menjaga performa jika tak ingin Spurs kepayahan di papan atas.