Getafe Vs Barcelona: Redam Kejutan Awal Tahun

Barcelona (Reuters/Miguel Vidal)
06 Januari 2019 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, GETAFE - Libur Natal dan Tahun Baru telau usai. Para penggawa Barcelona kembali ke markas besar mereka di Catalonia untuk persiapan laga pembuka Liga Spanyol pada kalender 2019. Duo bintang Barca, Lionel Messi dan Luis Suarez, misalnya.

Mereka mendarat di Bandara El Prat Barcelona setelah melakukan penerbangan pulang dari negara masing-masing di Amerika Selatan dengan menggunakan jet pribadi, tengah pekan ini. Messi dan Suarez meminta izin kepada Pelatih Barca, Ernesto Valverde, agar bisa menikmati Malam Tahun Baru bersama keluarga di kampung halaman masing-masing. Messi di Rosario, Argentina, sedangkan Sauarez di Uruguay.

Nah, Messi cs. sudah ditunggu Getafe pada laga pembuka awal tahun di Coliseum Alfonso Perez, Getafe, Senin (7/1/2019) pukul 02.45 WIB. Di atas kertas, Barca memang lebih unggul dibandingkan Getafe. Dilihat dari statistik penguasaan bola, dua tim ini ibarat langit dan bumi.

Barca merupakan tim dengan penguasaan bola tertinggi di Liga Spanyol musim ini dengan rata-rata 64,83%. Sedangkan Getafe hanya mencaplok rasio ballpossession sebanyak 37,87% per laga, terendah di antara tim-tim lain musim ini.

Dari rekor pertemuan, Barca juga tak pernah menelan kekalahan dalam 14 pertemuan terbaru di Liga Primera. Hanya, dalam perjumpaan terbaru, Barca secara mengejutkan ditahan imbang Getafe dengan skor imbang tanpa gol di Camp Nou, Februari 2018 silam.

Di sisi lain, Barca harus mencermati tren positif Getafe belakangan ini. The Azulones, julukan Getafe, mengukir unbeaten dalam lima pertandingan terbaru mereka. Tim yang promosi ke Liga Primera pada 2016 tersebut pun melesat ke peringkat ketujuh klasemen sementara.

Barca tentu harus meredam potensi kejutan dari Getafe. Apalagi, posisi Blaugrana di puncak klasemen sementara belum sepenuhnya aman. Pasukan Ernesto Valverde hanya unggul tiga poin atas Atletico Madrid dan unggul lima poin atas Sevilla yang masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga. Atletico dan Sevilla sendiri dipertemukan pada jornada ke-18 di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Minggu (6/1/2019) pukul 22.15 WIB alias beberapa jam sebelum Barca turun di kandang Getafe.

Valverde harus memilih antara Ousmane Dembele atau Philippe Coutinho untuk melengkapi trisula lini depan timnya bersama Messi dan Suarez. Dembele mengukir tiga gol dan tiga assist dalam tujuh penampilan terbarunya bersama raksasa Catalan. Sementara Coutinho hanya menyokong sebiji assist dalam tujuh penampilan terakhirnya.

"Bukan menjadi sebuah masalah memiliki keduanya [Coutinho dan Dembele]. Justru itu sebuah keuntungan," urai Valverde, seperti dilansir Reuters, Sabtu (5/1/2019).

Siapa pun yang dipasang Valverde di lini depan nanti, mereka memiliki pekerjaan besar membongkar pertahanan tangguh Getafe. Selama 17 laga pembuka, gawang Getafe baru kemasukan 13 gol di Liga Spanyol musim ini. Pertahanan Getafe hanya kalah dari Atletico Madrid yang hanya kebobolan 12 gol dalam 17 laga.