Van Gaal Jagokan Liverpool Juara Liga Inggris Musim Ini

Liverpool (Reuters/Lee Smith)
06 Januari 2019 17:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Liverpool tampil cemerlang musim ini. Mereka berhasil memuncaki klasemen sementara Liga Premier Inggris. Mantan pelatih Manchester United dan Timnas Belanda, Louis van Gaal, memprediksi Liverpool bisa juara di musim ini.

Setelah tak terkalahkan dalam 20 laga Liga Inggris, Liverpool akhirnya tumbang pada pekan ke-21. Mereka dijungkalkan Manchester City di Stadion Etihad, Jumat (4/1/2019) dini hari WIB. The Reds kalah dengan skor 1-2.

Meski kalah, Liverpool tetap berada di peringkat pertama dengan koleksi 54 poin. Mereka unggul empat poin atas City yang berada di peringkat kedua. Liverpool dan City pun dianggap menjadi dua tim terdepan yang akan berebut gelar juara.

Terkait hal itu, Van Gaal pun lebih menjagokan Liverpool ketimbang City. Menurutnya, Liverpool memiliki paket komplet. Pasukan Jurgen Klopp itu garang di depan serta solid dalam bertahan. Sementara City, menurut Van Gaal tim polesan Pep Guardiola itu masih lemah di lini belakang.

Omongan Van Gaal memang terbukti dari statistik. Liverpool menjadi tim yang paling kuat bertahan saat ini dengan hanya kebobolan 10 gol dari 21 laga. Sementara City sudah kebobolan sebanyak 17 gol.

"Klopp benar-benar mengubah Liverpool menjadi mesin pertarungan, baik saat menyerang maupun bertahan. Jadi, jika saya menaruh uang saya untuk satu klub di Liga Inggris, itu adalah untuk Liverpool," kata Van Gaal seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Minggu (6/1/2019).

"Liverpool bukanlah tim yang punya pemain dengan kualitas terbaik. Karena Faktanya, para pemain dengan kualitas terbaik ada di City. Tetapi, pada saat yang sama, itulah kelemahan dari [Pep] Guardiola [manajer City]. Ia hanya melatih timnya dengan cara selalu menyerang."

"Saat tim mereka harus bertahan, itu terlihat mengerikan. Liverpool memiliki tim yang bisa bertahan jauh lebih baik," tutup Van Gaal.