Wonderkid Arsenal Ikuti Jejak Ramsey

Joe Willock (Reuters/Peter Powell)
07 Januari 2019 00:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, BLACKPOOL - Mungkin tidak banyak yang mengetahui sosok Joe Willock. Namun, pemuda berusia 19 tahun ini langsung menjadi buah bibir setelah mencetak brace ketika Arsenal membungkam Blackpool 3-0 pada babak ketiga Piala FA di Bloomfield Road, Minggu (6/1/2019) dini hari WIB.

Willock membuka keran gol Arsenal dengan meneruskan bola rebound hasil tendangan bebas Aaron Ramsey yang mengenai mistar gawang Blackpool pada menit ke-11. Dia lantas menggandakan keunggulan The Gunners, julukan Arsenal, dengan tembakan dari sudut sempit di sisi kiri serangan pada menit ke-37. Sementara satu gol lain Arsenal disumbangkan Alex Iwobi pada babak kedua, untuk memastikan lolos ke babak keempat pada turnamen sepak bola tertua di dunia ini.

Menurut catatan Opta, Willock menjadi pemain termuda Arsenal yang mampu mengemas brace di panggung Piala FA sejak Rambo, julukan Ramsey, pada Januari 2010. Saat itu, Ramsey dua kali merobek gawang West Ham United dalam usia 19 tahun delapan hari. Sedangkan Willock tercatat berusia 19 tahun 138 hari ketika mengemas brace ke gawang Blackpool.

Willock bukan satu-satunya pemain belia yang diturunkan Pelatih Arsenal, Unai Emery, sebagai starter ketika melawan tim kasta ketiga tersebut. Emery antara lain juga memainkan Eddie Nketiah dan Ainsley Maitland-Niles.

"Kami membutuhkan para pemain dengan komitmen mereka. Kami perlu para pemain yang mempersiapkan diri ketika tim membutuhkan mereka dan mereka bisa membuat kami melangkah. Kesempatan datang di laga-laga seperti ini. Kami mengombinasikan pemain berpengalaman dengan beberapa pemain muda seperti Joe, Eddie, Ainsley, dalam skuat kami," urai Emery, seperti dikutip football.london