Inilah 5 Transfer Pemain Termahal Musim Dingin

Deretan pemain termahal di jendela transfer musim dingin. (Reuters)
08 Januari 2019 21:25 WIB Ginanjar Saputra Dunia Share :

Solopos.com, SOLO — Jendela transfer pemain sepak bola di periode musim dingin atau periode Januari kerap kali memunculkan banyak kejutan. Beberapa klub pun rela menggeleontorkan jutaan Euro atau triliunan Rupiah demi bisa mendapatkan pemain yang diincar pada pertengahan musim kompetisi.

Dari sejumlah transfer pemain di musim dingin itu, ada lima pemain yang dibeli dengan harga fantastis. Berikut ini, pemain termahal yang dibeli pada musim dingin berdasarkan data pada Transfermarkt.com:

Fernando Torres. (Reuters)
Fernando Torres: Liverpool-Chelsea
Fernando Torres diboyong dari Liverpool ke Chelsea pada Januari 2011. Harga yang harus dibayar Chelsea kepada Liverpool demi bisa mendapatkan Torres kala itu cukup mengejutkan, yaitu 58,5 juta Euro atau sekitar Rp920 miliar. Torres sempat dipinjamkan ke AC Milan sebelum dipermanenkan dengan harga 3 juta Euro pada Januari 2015.

Oscar. (Reuters)
Oscar: Chelsea-Shanghai SIPG
Transfer pemain dengan harga mahal pada musim dingin tak melulu melibatkan tim di Eropa, namun juga Asia. Salah satu klub di China, Shanghai SIPG, dengan berani mendatangkan Oscar dari Chelsea pada Januari 2017 dengan mahar 60 juta Euro atau setara dengan Rp967 miliar.

Diego Costa. (Reuters)
Diego Costa: Chelsea-Atletico Madrid
Jendela transfer musim dingin pada 2018 lalu juga memunculkan kejutan dengan pindahnya Diego Costa dari Chelsea ke klub yang sebelumnya pernah ia bela, Atletico Madrid. Harga yang dipatok Chelsea untuk Diego Costa pun tak tanggung-tanggung. Atletico Madrid harus membayar 66 juta Euro atau sekitar Rp1 triliun demi bisa memulangkan Costa.

Virgil van Dijk. (Reuters)
Virgil van Dijk: Southampton-Liverpool
Jika biasanya harga mahal dibanderol untuk para penyerang atau gelandang, namun pada jendela transfer pemain musim dingin 2018 lalu ada kejutan dari Liverpool. Tim berjuluk The Reds itu berani membayar mahal kepada Southampton untuk memboyong Virgil van Dijk yang merupakan bek tengah. Virgil van Dijk kala itu dihargai 78 juta Euro atau sekitar Rp1,25 triliun dan menjadikannya sebagai bek termahal hingga kini.

Philipe Coutinho. (Reuters)
Philipe Coutinho: Liverpool-Barcelona
Bicara soal transfer pemain termahal di musim dingin, Liverpool memang tim yang mendominasi. Selain membeli Virgil Van Dijk dengan harga fantastis, Liverpool nyatanya juga mampu menujal gelandangnya, Philipe Coutinho, dengan harga yang luar biasa mahal. Gelandang asal Brasil tersebut dijual ke Barcelona dengan harga 130 juta Euro atau setara dengan Rp2,09 triliun.