MU Jumpa Arsenal di Piala FA, Solskjaer Punya Kenangan Manis

Ole Gunnar Solskjaer (Reuters/Jason Cairnduff)
09 Januari 2019 09:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LONDON - Manchester United dan Arsenal harus saling bunuh secara prematur di Piala FA musim ini. Dari hasil undian babak kelima Piala FA, Selasa (8/1/2019) kemarin, takdir menempatkan United bakal bertemu dengan musuh besar mereka di era Liga Premier Inggris tersebut.

Harus saling bertemu di babak kelima jelas tidak menguntungkan kedua tim. Meski begitu, alih-alih menganggap Arsenal sebagai momok, interim Pelatih United, Ole Gunnar Solksjaer, bisa jadi tersenyum saat mengetahui lawan Marcus Rahsford dkk. di babak kelima Piala FA adalah Arsenal.

Itu karena Solksjaer memang memiliki kenangan manis melawan Arsenal di Piala FA saat dirinya masih berstatus sebagai pemain Setan Merah, julukan United. Pelatih berusia 45 tahun tersebut masuk line-up United ketika menyingkirkan Arsenal pada semifinal Piala FA 1999 dan 2004. Dalam dua musim itu, United akhirnya menuntaskan turnamen sepak bola tertua di dunia ini sebagai juara.

Pada semifinal Piala FA 1999, Solksjaer cs. dipaksa melakoni babak replay setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol di Villa Park. United akhirnya melaju ke final dengan kemenangan 2-1 di babak ulangan. Sementara pada semifinal Piala FA 2004, United menyingkirkan Arsenal lewat gol semata wayang Paul Scholes.

Faktor Solskjaer memang bisa jadi pembeda bagi paruh kedua United musim ini. Eks striker United itu tak hanya memperbaiki mental para pemain Setan Merah yang kacau balau saat dibesut Jose Mourinho. Solskjaer juga membuat United kembali ke performa terbaik mereka.

Seperti dilansir manchestereveningnews.co.uk, Selasa, para pemain United disebut-sebut mendukung Solskjaer sebagai pelatih permanen Setan Merah. Sebab isu yang berkembang, United akan menunjuk juru taktik Tottenham, Mauricio Pochettino, sebagai pelatih tetap Setan Merah mulai musim depan.

Pada babak kelima Piala FA nanti, Arsenal akan bertindak sebagai tuan rumah. Pertandingan United versus Arsenal bakal digelar di Emirates Stadium, 26 Januari mendatang.