Semifinal Piala Liga: Semangat City Pertahankan Trofi

Pemain Manchester City, Nicolas Otamendi, merayakan gol keenam bersama Gabriel Jesus saat melawan Rotherham United pada babak ketiga Piala FA di Etihad Stadium, Manchester, Sabtu (6/1/2019). - Reuters/Jason Cairnduff
09 Januari 2019 05:00 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTER--Di atas kertas, Manchester City jauh lebih unggul dibandingkan Burton Albion. Maka wajar, pasukan Josep "Pep" Guardiola itu sangat difavoritkan ketika bertemu tim kasta ketiga tersebut pada leg pertama semifinal Piala Liga di Etihad Stadium, Kamis (10/1/2019), pukul 02.45 WIB (disiarkan langsung TVRI).

Burton memang menang 4-0 melawan Rochdale di League One, akhir pekan lalu. Namun tim yang dinakhodai mantan pemain City, Nigel Clough, tersebut sulit berharap mengulang kemenangan besar ketika melawat ke Etihad Stadium.

Apalagi, Guardiola kemungkinan besar tetap menurunkan sejumlah pemain bintang. Hal itu bisa dilihat dari keputusan eks manajer Barcelona dan Bayern Munich tersebut saat City menundukkan Rotherham 7-0 pada babak ketiga Piala FA, akhir pekan lalu. Saat itu, Guardiola memainkan Raheem Sterling, Kevin de Bruyne, hingga kiper Ederson Moraes.

Guardiola memang lebih hati-hati dalam merotasi pemain. Meski "hanya" di Piala Liga, pelatih berdarah Catalan ini tidak lantas melakukan rotasi secara radikal. Guardiola telah melakukannya sejak musim lalu. Pada semifinal Piala Liga, Guardiola tetap memainkan sederet pemain berpengaruh ketika leg pertama melawan tim Championship, Bristol City. Padahal, pertandingan itu digelar lima hari sebelum mereka berjumpa Liverpool. Akhirnya, City lolos ke final dengan kemenangan agregat 5-3. The Citizens, julukan City, lantas menundukkan Arsenal 3-0 pada parti puncak dan mengawinkan gelar Piala Liga dengan Liga Premier pada 2017/2018. Sukses inilah yang akan diulangi The Citizens, julukan City.

Meski begitu, bukan berarti Guardiola akan menutup rapat para pemain yang jarang tampil ke line-up  saat menjamu Burton nanti. Salah satu pemain "kelas B" City yang memiliki kans masuk starter yakni Phil Foden. Gelandang berusia 18 tahun tersebut menyokong satu gol saat City melumat Rotherham 7-0 di Piala FA akhir pekan lalu. Guardiola tampak puas dengan gelandang remajanya itu dan berjanji tidak akan menjual atau meminjamkannya ke klub lain pada bursa transfer musim dingin ini.

"Tidak akan. Tidak mungkin. Dia [Foden] akan bertahan dengan kami, selama bertahun-tahun...mustahil [menjual atau meminjamkannya ke klub lain]," jelas Guardiola, seperti dilansir manchestereveningnews.co.uk.

 

Prediksi Starting XI

Manchester City (4-3-3): Muric; Danilo, Otamendi, Laporte, Delph; Bernardo Silva, Gundogan, Foden; Mahrez, Aguero, Sterling

Burton Albion (4-2-3-1): Collins; Brayford, Buxton, Turner, Hutchinson; Fox, Allen; Hesketh, Fraser, Atkins; Harness