Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik Afrika

Pemain Mesir dan Liverpool Mohamed Salah (kiri) menerima penghargaan sebagai pemain terbaik Afrika 2018. Penghargaan diserahkan di Dakar, Senegal, oleh George Weah (kanan), Presiden Liberia dan eks-ujung tombak Timnas Liberia dan AC Milan. - The Guardian
09 Januari 2019 10:10 WIB M. Syahran W. Lubis Dunia Share :

Solopos.com, JAKARTA – Striker asal Mesir Mohamed Salah kembali menjadi Pemain Terbaik Afrika dan penganugerahan diberikan di Dakar, Senegal, pada Rabu (9/1/2019) pagi WIB.

Untuk menjadi pemain terbaik edisi 2018, Salah mengungguli rekan setimnya di Liverpool, Sadio Mane, dan ujung tombak Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang.

Dia muncul sebagai pilihan terbanyak yang dilakukan oleh 56 pelatih tim nasional negara-negara anggota Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF).

“Penghargaan ini sangat besar bagi saya. Saya menyukainya sebab saya melihatnya sejak masih muda dan mengimpikan memenanginya suatu hari,” ungkap Salah saat menerima trofi pemain terbaik tersebut.

“Saya bangga bisa memenanginya dua kali. Saya harus berterima kasih kepada keluarga saya dan rekan-rekan setim, dan saya dedikasikan penghargaan ini untuk negara saya, Mesir,” lanjutnya.

Salah membantu Liverpool meraih runner up Liga Champions Eropa 2017 - 2018 di Kiev, Ukraina. Di laga puncak kalah 1 - 3 dari Real Madrid dan Salah cedera pada babak pertama akibat perlakuan tidak sportif bek Madrid Sergio Ramos yang menahan lengannya sehingga jatuh tidak sempurna.

Dia mencetak 13 gol di Liga Primer Inggris musim berjalan ini dan tampil sebagai top skor dengan Liga Primer Inggris dengan 32 gol pada musim lalu.

Ini merupakan ketiga kalinya pemain Mesir menjadi pemain terbaik Afrika. Mahmoud El Khatib menjadi orang Mesir pertama yang meraihnya untuk edisi 1983.

Sumber : Reuters