Maha Jannoud, Pelatih Sepak Bola Cantik dan Berprestasi di Suriah

Maha Jannoud, pelatih klub sepak bola Suriah (Reuters)
10 Januari 2019 03:00 WIB Chelin Indra Sushmita Dunia Share :

Solopos.com, DAMASKUS – Wanita menjadi pelatih sepak bola mungkin masih jarang ditemukan. Namun, bukan berarti tidak ada wanita yang tertarik dengan olahraga paling populer ini. Buktinya, seorang wanita cantik bernama Maha Jannoud sukses menjadi pelatih klub sepak bola Suriah.

Bukan hanya cantik, Maha Jannoud juga luar biasa. Wanita berusia 32 tahun itu sukses membawa klub sepak bola Al Muhafaza sukses di Suriah. Klub tersebut tercatat delapan kali menang dalam 10 laga. Menariknya lagi, dia merupakan wanita pertama di Timur Tengah yang menjadi pelatih sepak bola profesional.

Sebelum menjadi pelatih, Maha Jannoud bergabung di tim nasional (timnas) Suriah. Dia melakukan pekerjaannya sebagai pelatih klub sepak bola Al Muhafaza dengan profesional. Memakai kaus olahraga dan rambut dikuncir ekor kuda, dia mengarahkan anggota klub tersebut dengan tegas dan tangkas.

"Sebenarnya tidak ada perbedaan antara pria dan wanita dalam latihan seperti ini. Semuanya sama saja," kata Maha Jannoud seperti dikutip dari Reuters, Rabu (9/1/2019).

Pada awalnya, beberapa anggota klub Al Muhafaza merasa tidak nyaman dengan posisi Maha Jannoud sebagai pelatih. Mereka meragukan kemampuan wanita yang pernah membela timnas Suriah itu. Namun, setelah melihat kemampuannya di lapangan, mereka berubah pikiran.

"Awalnya agak sulit menerima keberadaan Maha Jannoud sebagai pelatih. Tapi, lama-kelamaan kami terbiasa dengannya. Dia sangat luar biasa. Dia bisa menempatkan diri sebagai pelatih, teman, dan kakak perempuan," kata anggota klub Al Muhafaza, Amjad Katkout.