Tak Bisa Lepas dari Angka 4

Cesc Fabregas
12 Januari 2019 22:45 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, LONDON—Jika ada pemain yang sangat percaya dengan tuah sebuah nomor punggung, Cesc Fabregas mungkin salah satunya. Sejak tampil di kompetisi senior bersama Arsenal pada 2003 hingga akhir petualangannya di Liga Premier bersama Chelsea awal 2019, gelandang asal Spanyol itu tak pernah lepas dari jersey nomor empat.

Ketertarikannya dengan angka itu disebut-sebut tak lepas dari sosok Josep “Pep” Guardiola. Saat masih menjadi pemain Barcelona pada 2001, Pep sempat mendoakan Fabregas yang kala itu masih membela akademi Barcelona agar dapat mengenakan kostum nomor empat miliknya di masa mendatang.

“Kepada Francesc Fabregas, saya menunggumu beberapa tahun lagi untuk melihatmu mengenakan kostum nomor empat di Camp Nou. Sehat. Semoga berhasil,” ujar Guardiola 18 tahun silam.

Doa Pep ternyata terkabul 10 tahun kemudian. Fabregas hijrah dari Arsenal ke Barca tahun 2011. Hingga 2014, dia terus mengenakan jersey nomor empat sebelum pindah ke Chelsea. Fabregas pun berusaha tetap mengenakan angka empat ketika resmi pindah ke AS Monaco awal tahun ini.

Sayang keinginannya tak kesampaian karena sudah ada pemain yang mengenakan nomor itu yakni Jean-Eodes Aholou.

Tak hilang akal, pemain berusia 31 tahun itu akhirnya memilih nomor punggung 44, nomor yang lagi-lagi tak lepas dari unsur angka empat. Saat diperkenalkan seusai tes medis, Jumat (11/1/2019) waktu setempat, Fabregas mengaku bahagia bisa bereuni dengan manajer Thierry Henry yang notabene mantan rekan setimnya di Arsenal.

“Senang sekali bergabung dengan AS Monaco, sebuah proyek baru bagi saya, Tim ini berkualitas dengan pemain dan pelatih muda,” ujarnya seperti dilansir asmonaco,com, Sabtu (12/1/2019).

Keberadaan Henry memang sangat berpengaruh dalam kepindahan Fabregas ke Ligue 1. Sebelumnya sang pemain memang lebih banyak menghuni bangku cadangan saat Chelsea diambilalih Maurizio Sarri.

“Saya menantikan untuk memulainya. Kami memiliki pertandingan bagus untuk dimainkan di Marseille pada Minggu [13/1/2019] nanti. Saya sangat bersemangat,” tutur Fabregas yang menandatangani kontrak hingga 2020.

Wakil Presiden AS Monaco, Vadim Vasilyev, tak bisa menyembunyikan kegembiraannya bisa merekrut pemain berpengalaman seperti Fabregas. “Kami meyakini pengalamannya di level tertinggi akan membawa banyak hal bagi tim, baik di dalam maupun di luar lapangan,” tuturnya.