Juventus Vs AC Milan: Ronaldo Incar Trofi Pertama Bersama Nyonya Tua

Cristiano Ronaldo (Reuters - Massimo Pinca)
15 Januari 2019 23:47 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, JEDDAH--Pertarungan Supercoppa Italiana antara Juventus versus AC Milan di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, Arab Saudi, Kamis (17/1/2019) dini hari WIB, diprediksi berlangsung seru.

Juve yang menyandang juara Seri-A dan Coppa Italia musim lalu tentu tak mau kehilangan muka di hadapan Milan. Sementara Milan yang kalah telak 0-4 dari Juve pada final Coppa Italia musim lalu berambisi melakukan penebusan atas rival mereka asal Turin tersebut.

Ini merupakan Supercoppa Italiana edisi ke-10 yang digelar di luar Italia, sekaligus pertama di Arab Saudi. Sebelumnya, turnamen yang mempertemukan juara Seri-A dan Coppa Italia beberapa kali digeber di luar Italia, antara lain Amerika Serikat, Tiongkok, dan Qatar.

Juve bakal difavoritkan menjadi juara. Tim berjuluk Nyonya Tua tersebut merupakan satu-satunya tim yang tak terkalahkan di Seri-A musim ini. Juve mengincar trofi perdana di musim ini, bersama megabintang mereka, Cristiano Ronaldo, yang menyokong 14 gol sejak didatangkan dari Real Madrid dengan banderol 110 juta euro pada musim panas lalu.

Namun, statistik Juve di Supercoppa Italiana tidak selalu mulus. Bianconeri hanya menang sekali dalam empat edisi terakhir mereka di panggung ini. Juve bahkan menelan kekalahan dalam dua edisi paling gres di Supercoppa Italiana, masing-masing takluk dari Milan pada 2016 dan Lazio pada musim lalu.

"Saya pernah bermain di sini [Jeddah] bersama Timnas Brasil dan saya pikir Arab Saudi telah melakukan banyak kemajuan. Mereka punya fans base dan budaya berbeda, namun saya pikir ini akan jadi final yang bagus," ujar bek Juventus, Alex Sandro.

Ini bakal menjadi pertemuan kali ketiga Juve versus Milan dalam sejarah Supercoppa Italiana. Dalam dua pertemuan sebelumnya, kedua tim selalu dipaksa bermain adu penalti. Juve memenangi adu tos-tosan  pada Supercoppa Italiana 2003 dengan skor 1-1 (5-3). Namun, gantian Milan yang mengalahkan Juve lewat adu penalti 1-1 (4-3) pada Supercoppa Italiana 2016.

 

Perkiraan Starting XI

Juventus (4-3-3) Pelatih: Massimiliano Allegri (Italia)

Szczesny; De Sciglio, Bonucci, Chiellini, Sandro; Bentacur, Pjanic, Matuidi; Dybala, Ronaldo, Costa

AC Milan (4-4-2) Pelatih: Gennaro Gattuso (Italia)

Donnarumma; Calabria, Zapata, Romagnoli, Rodriguez; Calhanoglu, Kessie, Bakayoko, Paqueta; Higuain, Cutrone