Setelah Wiwid Lepas, Ini Dia Kandidat Pelatih Persis Solo

Widyantoro (kiri) bersama Agus Yuwono. Solopos/Dok.
15 Januari 2019 06:45 WIB Ivan Andimuhtarom Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO—Bursa kandidat pelatih baru Persis Solo kian terbuka menyusul hijrahnya Widyantoro ke PSIS Semarang. Nama Hartono Ruslan dan mantan pelatih Persis musim lalu, Agus Yuwono (AY), dikabarkan menjadi incaran Laskar Sambernyawa.

AY diyakini menjadi kandidat paling kuat untuk kembali menangani Persis di Liga 2 musim 2019. Informasi yang dihimpun Espos, Senin (14/1/2019), AY disebut ikut dalam rapat manajemen Persis untuk mempersiapkan diri menghadapi kompetisi mendatang. Kehadiran AY dalam rapat manajemen jelas menjadi sinyal kuat kembalinya pelatih asal Malang itu ke pelukan Laskar Sambernyawa. Agus Yuwono pun tak menampik dirinya dipanggil Sekjen Persis, Dedy M. Lawe, untuk mengikuti rapat di Solo, Senin.

“Iya betul [untuk persiapan kompetisi 2019]. Tapi ini belum selesai [rapat],” ujar Agus saat dihubungi Espos, Senin malam.

Pelatih berusia 48 tahun itu mengaku siap jika dipercaya kembali untuk melatih Persis. Meski demikian Agus menegaskan belum ada keputusan resmi ihwal penunjukan dirinya untuk menjadi arsitek Persis. “Masih penjajakan,” ujarnya singkat.

Musim lalu Agus hadir di pertengahan kompetisi setelah menggantikan Jafri Sastra. Alhasil, Agus harus memaksimalkan stok pemain yang sudah ada untuk bersaing di Liga 2 wilayah Barat. Dalam sembilan laga yang dibesutnya, Dedi Cahyono dkk. hanya mampu menang empat kali yakni saat melawan Aceh United (1-0), Persik Kendal (1-0), Persika Karawang (2-0) dan PSIR Rembang (2-0).

Empat laga yang lain berujung kekalahan bagi Persis termasuk kekalahan 0-1 dari Semen Padang di laga terakhir babak penyisihan. Hasil tersebut membuat Persis gagal lolos ke babak delapan besar setelah kalah head to head dari Persiraja, Aceh United dan Persita yang sama-sama mengantongi 35 poin dari 22 laga.

Sementara itu, Hartono Ruslan tak membenarkan maupun menampik bahwa telah didekati Persis. Pelatih yang saat ini berstatus caretaker di Sriwijaya FC tersebut hanya mengatakan bakal mengumumkan kabar pada saatnya. “Sabar dulu, nanti saya kabari,” ujar pelatih berlisensi A AFC tersebut.