Pesawat Pemain Termahal Cardiff Hilang dari Radar

Emiliano Sala (Reuters/Stephane Mahe)
22 Januari 2019 23:50 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, CARDIFF--Pendukung Cardiff City sangat antusias ketika klub kesayangan mereka mengumumkan telah mendapatkan tanda tangan Emiliano Sala. Penyerang asal Argentina tersebut dibeli dari Nantes dengan memecahkan rekor klub senilai 17 juta euro (Rp274 miliar), akhir pekan lalu.

Fans The Blue Birds, julukan Cardiff, pun siap membentangkan "karpet merah" untuk kedatangan Sala. Namun, rencana penyambutan itu berakhir duka. Pesawat yang ditumpangi Sala dari Nantes ke Cardiff hilang kontak radar, Selasa (22/1/2019).

Diduga pesawat aircraft yang ditumpanginya mengalami kecelakaan di kawasan terpencil Kepulauan  Channel. Sejumlah penyelamat menggunakan helikopter dan perahu diterjunkan di sekitar 1.000 mil dari Guernsey, Kepulauan Channel, lokasi di mana kontak radar pesawat sang pemain hilang. "Saat ini jejak pesawat aircraft yang hilang belum ditemukan," ujar kepolisian Guernsey, seperti dilansir Reuters, Selasa.

Seorang juru bicara dari Otoritas Penerbangan Sipil Prancis (DGAC) menyatakan Sala berada di luar negeri. Pesawat yang ditumpanginya melaju pada ketinggian 5.000 kaki ketika pilot meminta untuk turun ke ketinggian yang lebih rendah saat melewati Guernsey. Dan pesawat itu mulai kehilangan kontak radar pada ketinggian 2.300 kaki.

"Dari semua hal yang saya kumpulkan, belum ada tanda-tanda. Jika mereka mengenakan pakaian pelindung yang tepat dan memasuki rakit penyelamat, maka kemungkinannya tidak terlalu buruk. Jika mereka berada di dalam air tanpa perlindungan, air itu benar-benar terlalu dingin saat ini untuk segala bentuk kelangsungan hidup lebih dari satu jam atau lebih," ujar Chief Executive Kepulauan Channel, John Fitzgerald.

Insiden yang menimpa Sala sampai ke telinga keluarganya di Argentina. Sang ayah melalui siaran TV Argentina, C5N, mengaku mendengar kabar insiden yang menimpa anaknya tersebut dari rekannya. "Saya tidak tahu apa-apa karena saya tidak berada di rumah. Saya pengemudi truk. Seorang rekan memberitahuku setelah menyaksikan TV. Saya putus asa. Saya berdoa semoga baik-baik saja," jelasnya.

Chairman Cardiff City, Mehmet Dalman, menangani serius musibah ini. The Blue Birds mengunggah video omongan Sala akhir pekan lalu lewat akun Twitter. "Ini memberiku kebahagiaan besar dan saya tidak sabar berlatih [dengan Cardiff], bertemu teman-teman baru dan segera bekerja," ujar Sala dalam video tersebut.