Prediksi Burton Vs Manchester City

Manchester City (Reuters/Jason Cairnduff)
23 Januari 2019 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, BURTON UPON TRENT - Manchester City menjadi tim pertama yang mencapai 100 gol di musim ini. Anak asuh polesan Josep "Pep" Guardiola tersebut melejit dengan 102 gol di semua kompetisi, paling banyak dibandingkan tim-tim lain di lima liga top Eropa.

Gabriel Jesus dan Sergio Aguero menjadi penyokong gol paling banyak untuk City. Masing-masing menyumbang 14 gol. Disusul kemudian, Raheem Sterling dengan 12 gol dan Leroy Sane dengan 11 gol. City pun berada di jalur yang tepat untuk menyamai rekor mereka ketika menembus 156 gol bersama pelatih Manuel Pellegrini pada 2013/2014.

Isi rekening gol City memang terus membengkak musim ini, terutama setelah memasuki pergantian tahun. Pada 2019 ini, tim berjuluk The Citizens tersebut mendulang 24 gol hanya dalam lima pertandingan. Jumlah tersebut digadang-gadang semakin bertambah ketika mereka melawat ke markas Burton, pada leg kedua semifinal Piala Liga di Pirelli Stadium, Burton-upn-Trent, Kamis (24/1/2019) pukul 02.45 WIB.

Pada leg pertama, City membanjiri gawang Burton dengan 9 gol tanpa balas. Tak ayal, duel di Pirelli Stadium hanya seperti formalitas untuk meloloskan City ke partai pamungkas Piala Liga di Wembley, London. "Kami semakin dekat ke Wembley dan kami ingin berada di sana sekaligus meraih gelar juara," jelas Guardiola, seperti dilansir manchestereveningnews.co.uk, Selasa (22/1/2019).

Guardiola tidak menutup kemungkinan untuk melakukan rotasi besar-besaran di kandang Burton. Seperti dilansir goal.com, eks juru taktik Barcelona dan Bayern Munich tersebut memasukkan sederet pemain muda ke skuat City yang diajak melawat ke markas Burton. Di antaranya Ian Carlo Poveda, Felix Nmecha, Taylor Richards, dan Iker Pozo.

Nama-nama tersebut terdengar asing di telinga. Guardiola beberapa kali memainkan pemain muda di ajang Piala Liga, namun julamlahnya terbatas. Di antarnya, Eric Garcia, 18, Philippe Sandler, 21, dan Luke Bolton, 19, plus Phil Foden yang beberapa kali masuk skuat tim utama City.

Laga di markas Burton sendiri menjadi pertandingan yang langka di mata Guardiola. Sebab, sepanjang karier kepelatihannya, dia belum pernah memasuki leg kedua dengan membawa modal kemenangan 9-0. "Saya tidak pernah bermain di leg kedua dengan keunggulan 9-0," urainya.

Sementara Manajer Burton, Nigel Clough, akan berusaha membawa timnya menebus rasa malu akibat kekalahan memalukan 0-9 pada leg pertama lalu, saat turun di hadapan pendukungnya. Kekalahan 0-9 itu memang masih menyisakan trauma bagi Clough. Dia sampai teringat dengan mendiang ayahnya, Brian Clough, setelah kekalahan telak itu.

"Pertama, dia [Brian, jika masih hidup], akan mengatakan 'kok bisa kamu kebobolan sembilan gol?'," ujar Clough.