Awasi Vardy, Liverpool!

Jamie Vardy (Reuters - Carl Recine)
30 Januari 2019 11:45 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LIVERPOOL--Ada alasan kuat kenapa Liverpool pantas waspada ketika bertemu Leicester City tengah pekan ini. Padahal, Mohamed Salah dkk. akan bermain di Stadion Anfield yang terkenal angker bagi para tamu.

Alasannya adalah Jamie Vardy. Ya, bomber Leicester tersebut sangat fasih membobol gawang Liverpool. Total, Vardy merobek gawang tim asal Merseyside tersebut 7 kali di Liga Premier. Itu menjadikannya sebagai pemain ketiga yang sering menyarangkan gol ke gawang Liverpool pada era Liga Premier setelah eks penyerang Manchester United, Andrew Cole (11 gol), dan mantan bomber Arsenal, Thierry Henry (8 gol).

Pada pertemuan pertama musim ini, Liverpool mampu menaklukkan Leicester City 2-1, September lalu. Namun saat itu Vardy tidak bisa memperkuat Leicester karena sanksi akumulasi kartu. Nah, kali ini penyerang kelahiran Sheffield, 32 tahun silam, ini dipastikan bisa membela Leicester ketika melawan The Reds di Anfield, Kamis (31/1/2019) pukul 03.00 WIB.

Vardy memang momok tim-tim raksasa. Buktinya, dia juga mencetak enam gol ke gawang Arsenal. Sementara Manchester City, Manchester United, dan Everton masing-masing dibobol lima kali oleh pemain yang memulai karier dari klub amatir tersebut. Vardy juga memberondong gawang Chelsea dan Tottenham Hotspur masing-masing empat kali sepanjang kariernya.

Celakanya, bek sentral Liverpool, Virgil van Dijk, diragukan bisa fit 100 persen pada bentrok di Anfield nanti. Defender jangkung asal Belanda itu dilaporkan absen latihan di Melwood, Senin (28/1/2019) pagi waktu setempat, karena sakit. Padahal, Pelatih The Reds, Jurgen Klopp, sangat mengandalkan Van Dijk untuk mengawal jantung pertahanan timnya. Terbukti, Van Dijk tak pernah absen satu laga pun milik Liverpool di Liga Premier sejak mereka melawan Huddersfield Town, Januari 2018!

Jika Van Dijk tidak bisa sembuh tepat waktu, Klopp mau tak mau akan mengandalkan Devan Lovren untuk mendampingi Joel Matip di posisi bek tengah. Untung Lovren sudah pulih dari cedera hamstring.

Liverpool masih bisa tersenyum lebar apabila menengok catatan laga kandang mereka di Liga Premier. Tim asal Merseyside ini tak pernah menelan kekalahan dalam 32 laga terbaru di Anfield, perinciannya 23 kali menang dan 9 kali imbang. Liverpool memburu rekor Manchester City yang tak pernah kalah dalam 37 pertandingan Liga Premier pada Desember 2010-Desember 2012.

Liverpool perlu tiga poin untuk tetap menjaga jarak atas City di perebutan gelar juara Liga Premier. Liverpool mulai melupakan kekalahan 1-2 dari City di Liga Premier dan disingkirkan 1-2 oleh Wolverhampton pada babak kelima Piala FA dengan meraih kemenangan back-to-back melawan Brighton dan Crystal Palace.

"Anda selalu belajar dari sebuah kekalahan, itu pelajaran yang lebih berharga dibandingkan Anda meraih kemenangan, karena ketika Anda menang Anda tidak melihat ada sesuatu yang salah," jelas gelandang The Reds, Georginio Wijnaldum, seperti dilansir liverpoolecho.co.uk, Selasa (29/1/2019).

Sementara itu, meski masih tertahan di papan medioker, Leicester menorehkan berbagai kejutan di Liga Premier musim ini. Di antaranya menindas Manchester City, Chelsea, dan Everton pada Desember lalu. Apakah Liverpool bakal menjadi korban Leicester selanjutnya?

"Ya, kami menjalani beberapa laga berat namun kami sudah buktikan bisa melawan siapa pun dan mampu mengalahkan tim-tim top seperti Desember lalu," ujar winger Leicester, Demarai Gray, seperti dikutip leicestermercury.co.uk.

 

Perkiraan Starting XI

Liverpool (4-2-3-1) Pelatih: Jurgen Klopp (Jerman)

Alisson; Fabinho, Matip, Van Dijk, Robertson; Henderson, Wijnaldum; Mane, Firmino, Keita; Salah

Leicester City (4-2-3-1) Pelatih: Claude Puel (Prancis)

Schmeichel; Simpson, Morgan, Maguire, Chilwell; Mendy, Ndidi; Pereira, Maddison, Albrighton; Vardy