Lawan Parma, Juventus Patut Waspadai Lini Belakang

Pemain Juventus merayakan kemenangan pada pertandingan pekan ke-13 Liga Italia di Allians Stadium, Minggu (25/11 - 2018) WIB. (Reuters/Massimo Pinca)
02 Februari 2019 09:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, TURIN — Juventus bertekad mencari pelipur lara setelah tersingkir dari Coppa Italia saat menjamu Parma di Allianz Stadium, Minggu (3/2/2019) dini hari WIB. Reputasi mereka memang tercoreng saat digebuk Atalanta dengan skor 0-3 di perempat final Coppa Italia beberapa hari lalu.

Sebelum laga itu, hanya dua tim yang mampu mengalahkan Juve tiga gol tanpa balas yakni Real Madrid (April 2018) dan Barcelona (September 2017). Cederanya bek Giorgio Chiellini disebut-sebut menjadi biang keladi kekalahan memalukan atas La Dea, julukan Atalanta. Maklum sebelum Chiellini ditarik keluar di menit ke-27, kedudukan masih sama kuat 0-0.

Masalahnya, bek 34 tahun itu dipastikan kembali absen ketika Bianconeri menjamu Parma. Juve memang kekurangan stok bek tengah setelah cedera Leonardo Bonucci serta kepergian Medhi Benatia ke raksasa Qatar, Al Duhail. Saat melawan Atalanta, Mattia De Sciglio dipaksa bermain sebagai bek tengah berduet dengan Daniele Rugani. Hasilnya jauh dari harapan.

Beruntung Nyonya Tua punya Martin Caceres yang bisa bermain di jantung pertahanan. Bek yang baru saja didatangkan dari Lazio itu bisa menjadi solusi alternatif Massimiliano Allegri di lini belakang. Sang pelatih mengakui Chiellini masih mengalami keluhan di betisnya. “Namun tak ada yang perlu dikhawatirkan, kami masih punya Caceres,” ujar Allegri seperti dilansir JTV, Kamis (31/1/2019).

Di sisi lain, upaya Parma bangkit dari kekalahan 2-3 dari SPAL pekan lalu tampaknya bakal sulit lantaran mereka harus bertemu Bianconeri. Apalagi Juve punya rekor apik dengan tak terkalahkan di 25 laga terkini Seri-A, termasuk memenangi enam laga kandang terakhir mereka. Nyonya Tua juga menang 15 kali dan hanya kalah tiga kali dalam 23 laga kandang melawan Parma di kompetisi domestik.

Namun Paulo Dybala dkk. pantang terlalu percaya diri karena Parma cukup andal ketika bermain tandang. Gialloblu mengumpulkan 15 poin dari 10 laga tandang yang sudah dijalani. Striker Roberto Inglese patut diwaspadai barisan pertahanan Juve karena selalu mencetak gol dalam tiga penampilan terakhir di Seri-A (total empat gol).