Mulai 11 Februari, Persis Solo Seleksi 40 Pemain

Pemain Persis Solo menjalani latihan (Istimewa)
03 Februari 2019 17:25 WIB Chrisna Chaniscara Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO — Persis Solo mulai menyusun langkah nyata untuk membentuk tim menghadapi Liga 2 2019. Selama tiga hari, 11-13 Februari, Laskar Sambernyawa bakal menggelar seleksi yang digelar di Kota Bengawan. Ada sekitar 40 pemain dari pelosok Nusantara yang akan mengikuti seleksi tertutup tersebut.

Pemain yang diundang mengikuti seleksi bervariasi mulai jebolan Liga 1 maupun Liga 2. Adapun tak semua penggawa yang dibawa ke laga celebration game melawan PSS Sleman kemarin bakal ikut serta dalam proses seleksi. Seleksi singkat dengan sistem undangan dipilih agar proses seleksi lebih efektif.

“Seleksi bakal kami mulai tanggal 11 sampai 13 Februari. Tempatnya masih kami cari, yang jelas masih di Solo,” ujar Pelatih Persis, Agus Yuwono, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (2/2/2019).

Agus menilai waktu tiga hari sudah cukup untuk menakar kapasitas pemain yang layak berseragam Persis. Ini karena 40 pemain yang diundang telah dipantau tim pelatih sejak musim lalu. Eks arsitek Perseru Serui itu membeberkan tak semua pemain yang membela Persis saat melawan PSS bakal mengikuti seleksi. Namun pelatih asal Malang ini enggan membeberkan siapa saja para pemain tersebut.

Diketahui, beberapa pemain Persis yang tampil di celebration game sudah bergabung dengan tim lain untuk Piala Indonesia. Trio Tegar Hening Pangestu, Heru Setyawan dan Soni Setiawan membela PSIS Semarang, sedangkan Eli Nasoka dan Dedi Cahyono Putro merapat ke Cilegon United. “Ada [pemain Persis di celebration game] yang mengikuti seleksi, tapi tidak semua,” ujar AY, sapaan akrabnya.

Manajer Persis, Langgeng Jatmiko, menjamin manajemen tak akan merecoki proses seleksi pemain. Pihaknya menegaskan percaya penuh pada Agus Yuwono untuk memilih komposisi terbaik bagi Laskar Sambernyawa. Persis diperkirakan butuh 24 pemain untuk mengarungi musim 2019. “Saya tidak tahu siapa saja yang bakal diundang di seleksi, itu wewenang pelatih,” kata dia.

Lebih jauh, manajemen masih menimbang lokasi yang tepat untuk menggelar seleksi pemain. Langgeng mengindikasikan kepastian lokasi seleksi setelah rapat dengan Komisaris Utama PT Persis Solo Saestu, Sigid Haryo Wibisono di Solo, Selasa (5/2/2019). Hari itu rencananya juga bakal digelar pertemuan antara Sigid dengan perwakilan suporter Persis. “Tunggu hari Selasa,” ucap Langgeng singkat.

Sementara itu, kiper Persis musim lalu, Andri Prabowo, mengaku belum mendapat info soal seleksi resmi Persis. Pemain yang turut diboyong AY di celebration game itu memilih menunggu kabar dari manajemen. “Belum ada undangan sampai sekarang. Jika nanti dipercaya [ikut seleksi], saya akan mengeluarkan kemampuan yang optimal,” ujar pengidola kiper Real Madrid, Keylor Navas itu. (Chrisna Chanis Cara/JIBI)