West Ham United Vs Liverpool: Tradisi 4 Gol The Reds

Mohamed Salah (Reuters - Jason Cairnduff)
04 Februari 2019 11:45 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LONDON--Skor Liverpool melawan West Ham United sangat cantik dalam empat duel terbaru di Liga Premier, yakni 4-0, 4-1, 4-1, dan 4-0.

Tim berjuluk The Reds ini memang memiliki tren berpesta empat gol ke gawang West Ham dalam empat bentrok teranyar kontra tim asal London Barat tersebut. Pasukan Jurgen Klopp tentu berharap tradisi itu terus berlanjut ketika mereka bertamu ke markas West Ham, London Stadium, London, Selasa (5/2/2019) pukul 03.00 WIB.

Jarang sekali ada tim yang selalu mengemas empat gol atau lebih minimal dalam lima pertemuan melawan sebuah klub di kasta tertinggi di Inggris. Momen langka itu diukir Sunderland melawan Manchester United dalam lima laga pertemuan beruntun pada 1893-1906 serta Arsenal melawan Middlesbrough dalam tujuh duel tanpa putus pada 1930-1933.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, bakal mengandalkan Mohamed Salah untuk mengulang pesta gol ke gawang The Hammers, julukan West Ham. Winger berjuluk Raja Mesir ini menyokong empat gol dalam tiga pertemuan versus West Ham. Selain itu, Salah juga menyokong sebiji assist.

Salah hanya membutuhkan dua gol lagi untuk menembus 50 gol untuk Liverpool di Liga Premier. Jika berhasil merobek jala gawang West Ham minimal dua kali di London Stadium nanti, Salah bakal dinobatkan sebagai pemain tercepat yang mampu menembus 50 gol untuk sebuah klub dalam sejarah Liga Premier, yakni pada laga ke-61. Dia akan memecahkan rekor Alan Shearer yang menggapai 50 gol dalam 66 laga perdananya di Liga Premier bersama Blackburn Rovers (1992-1996).

Salah absen mencatatkan namanya di papan skor ketika Liverpool ditahan imbang Leicester City 1-1 pada medio tengah pekan lalu. Hasil imbang itu membuat Liverpool gagal memanfaatkan kesempatan untuk memperlebar jarak menjadi tujuh poin dengan Manchester City di perebutan gelar juara Liga Premier musim ini.

 

Tekanan

Liverpool pun bisa dalam tekanan besar jika City mampu menaklukkan Arsenal di Etihad Stadium, Minggu (3/2/2019) malam WIB tadi. Sebab, Liverpool hanya akan berjarak dua poin atas juara bertahan Liga Premier tersebut di puncak klasemen sementara.

"Apakah ada momen gugup? Ya, tentu. Jangan membuatnya lebih besar seperti situasi musim lalu, dua musim lalu, atau tiga musim lalu. Ini [rasa gugup] bagian dari sepak bola. Orang-orang agak ragu dengan ini dan itu, saya paham, tapi orang-orang secara umum memberikan dukungan 100 persen. Namun klub ini tidak juara [Liga Premier] sejak 29 tahun lalu," ujar Klopp, seperti dilansir liverpoolfc.com, Minggu.

Klopp bisa kembali memainkan James Milner setelah absen karena manjalani sanksi ketika Liverpool ditahan imbang Leicester. Namun, pelatih asal Jerman ini belum bisa memainkan bek Trent Alexander-Arnol dan Joe Gomez karena cedera.

Sementara itu, Pelatih West Ham, Manuel Pellegrini, dalam tekanan besar setelah timnya menelan tiga kekalahan beruntun di semua kompetisi, termasuk dipermalukan Wolverhampton Wanderers 0-3, medio pekan lalu. Eks pelatih Manchester City ini memotivasi anak buahnya bangkit memutus tren buruk ini.

"Tentu kami bisa mengalahkan Liverpool karena setiap tim memiliki peluang untuk memenangi setiap laga di Liga Premier," jelas Pellegrini, seperti dilansir skysports.com.

 

Perkiraan Starting XI

West Ham United (4-2-3-1) Pelatih: Manuel Pellegrini (Chile)

Fabianski; Zabaleta, Diop, Ogbonna, Cresswell; Rice, Noble; Snodgrass, Nasri, Anderson; Carroll

 Liverpool (4-3-3) Pelatih: Jurgen Klopp (Jerman)

Alisson; Milner, Lovren, Van Dijk, Robertson; Wijnaldum, Fabinho, Keita; Salah, Firmino, Mane