Chelsea Harus Beri Sarri Waktu

Maurizio Sarri (Reuters/Andrew Boyers)
05 Februari 2019 15:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, LONDON - Maurizio Sarri sempat membawa Chelsea melejit di awal musim ini. Namun, Chelsea justru menunjukkan performa inkonsisten setelahnya. Eks bek Chelsea, Ashley Cole, menyebut Sarri butuh waktu untuk membuat The Blues melejit lagi.

Chelsea mengawali musim ini dengan 12 pertandingan tak terkalahkan di Liga Premier Inggris. Tapi kemudian mereka terpeleset. Chelsea pun sudah menelan empat kekalahan musim ini dan turun peringkat ke posisi keempat klasemen sementara.

Mereka mengoleksi 50 poin dari 25 laga. The Blues mendapat ancaman dari Manchester United dan Arsenal yang berada di bawahnya. Ada anggapan Chelsea bakal mendepak Sarri karena performa inkonsisten tersebut.

Namun Cole menilai Chelsea tak seharusnya mendepak pelatih yang punya kontrak hingga 2021 tersebut. Menurutnya, Sarri butuh waktu untuk menerapkan filosofi bermainnya di Chelsea. Apalagi, Sarri baru didatangkan The Blues pada awal musim ini.

"Saya merasa dia belum berada dalam tekanan. Dia datang ke sebuah tim dan mencoba menerapkan filosofinya. Saya rasa tergantung para pemainnya, mereka harus bereaksi dan memahami bagaimana dia ingin mereka bermain," ujar Cole seperti dilansir Sky Sports, Selasa (5/2/2019).

"Saya sudah menyaksikan 'Sarri-ball' di Napoli ketika saya masih di Italia dan sepak bola yang mereka mainkan dari belakang dengan kiper itu menakjubkan. Sekarang semua pemain harus menerima itu," imbuhnya.

"Menurut saya itu muaranya di kepercayaan diri. Para pemain Napoli tahu bagaimana dia ingin mereka bermain, mereka punya kepercayaan diri untuk bermain dari belakang dan memainkan filosofi itu. Di Chelsea, sejumlah pemain harus menyesuaikan diri dengan itu, lebih cepat lebih baik. Yang pasti dia manajer bagus."

"Sarri butuh sedikit waktu. Saya rasa dia bisa membawa sepak bola menarik itu dari Italia ke Inggris, dengan Chelsea. Tapi mereka juga harus menerimanya," tutup Cole.