Liverpool Melempem Sejak Pergantian Tahun

Pemain Liveropool merayakan gol pertama ke gawang Wolverhampton Wanderers pada pertandingan pekan ke-18 Liga Inggris musim 2018-2019 di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (22/12 - 2018) dini hari WIB. (Reuters/Darren Staples)
05 Februari 2019 18:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, LIVERPOOL - Liverpool tampil trengginas di awal musim ini. Namun sejak pergantian tahun, The Reds justru melempem. Lini belakang yang semula solid jadi rapuh, sementara lini depan juga tak setajam sebelumnya.

Buktinya, dalam dua laga terakhir Liverpool hanya meraih dua hasil imbang. Terbaru, mereka bermain imbang 1-1 melawan West Ham United di London Stadium, Selasa (5/2/2019) dini hari WIB. Sempat unggul melalui Sadio Mane, The Reds akhirnya harus puas dengan hasil imbang setelah Michail Antonio membobol gawang Alisson Becker.

Sebelumnya, Liverpool juga harus puas diimbangi Leicester City dengan skor 1-1. Hasil ini membuat Liverpool telah membuang tujuh poin dari lima laga terakhir. Artinya, performa mereka benar-benar turun sejak dibekuk Manchester City di awal 2019.

Bandingkan dengan performa mereka sebelum 2019. Menjalani 20 laga, Liverpool tak terkalahkan. Mereka bahkan menjadi tim yang paling sedikit kebobolan yakni 8 gol. Namun kini, The Reds sudah kebobolan tujuh gol hanya dari lima laga di 2019.

Mereka pun kini terus dipepet City di papan klasemen sementara Liga Premier Inggris. Anak asuh Jurgen Klopp kini punya 62 poin dari 25 laga yang sudah dijalani. Mereka cuma unggul tiga poin dari City yang berada di tempat kedua.

Banyak yang menganggap Liverpool tak memiliki pelapis sepadan. Banyaknya pemain cedera di lini belakang juga membuat Klopp kelimpungan. Bahkan James Milner dan Jordan Henderson yang merupakan seorang gelandang, beberapa kali ditempatkan di posisi bek kanan karena cederanya Alexander Arnold.

Belum lagi Dejan Lovren, Joel Matip, dan Joe Gomez yang bergantian masuk ruang perawatan. Fabinho yang beroperasi sebagai gelandang bertahan pun sempat dicoba sebagai bek tengah. Sementara di lini depan, mereka seperti mejan meski trio Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino tetap bisa diandalkan.

Yang pasti, Liverpool harus segera berbenah jika ingin meraih trofi di musim ini. Pasalnya, mereka sudah tersingkir di Piala Liga Inggris dan Piala FA, sehingga tinggal menyisakan Liga Premier Inggris dan Liga Champions untuk meraih trofi.