Jurgen Klopp Mulai Kebakaran Jenggot

Jurgen Klopp (Reuters/Phil Noble)
05 Februari 2019 22:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LONDON - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, beberapa kali terlihat kehilangan kesabaran ketika menyaksikan timnya ditahan imbang 1-1 West Ham United di London Stadium, London, Selasa (5/2/2019) dini hari WIB.

Setelah ditahan imbang 1-1 Leicester City di Anfield akhir Januari lalu, tim berjuluk The Reds ditahan imbang dengan skor sama di kandang West Ham United, London Stadium, London, Selasa (5/2/2019) dini hari WIB.

Liverpool unggul terlebih dahulu lewat gol Sadio Mane pada menit ke-22. Wasit tetap mengesahkan gol Liverpool ini meski berbau offside. Pasalnya, sebelum Mane mencetak gol, James Milner yang mengumpan bola ke pemain Senegal tersebut berada di posisi offside. Tak butuh waktu lama, West Ham mampu menyamakan kedudukan lewat gol Michail Antonio sekitar enam menit kemudian.

Hasil imbang 1-1 secara back-to-back itu membuat Liverpool mulai kabakaran kenggot karena posisi mereka di puncak klasemen sementara terancam dikudeta Manchester City. Liverpool bakal dikudeta City dari puncak klasemen apabila pesaing terdekat mereka itu menang di markas Everton, Goodison Park, Kamis (7/2/2019) dini hari WIB.

Tekanan Liverpool untuk mengejar gelar perdananya di Liga Premier sejak 1990 semakin besar. Klopp pun terlihat tidak tenang sepanjang pertandingan. Pelatih yang akrab disapa Kloppo ini mengeluhkan sikap wasit Kevin Friend yang dinilainya condong ke Everton setelah timnya mendapatkan gol berbau offside. Klopp juga beberapa kali terlibat cekcok dengan Manajer West Ham, Manuel Pellegrini.

"Ini bukan performa terbaik kami, tentu saja. Ini laga sulit karena lawan dan situasi yang kami alami. Kami mendapat momentum bagus. Kami mencetak gol, di mana itu offside. Wasit seharusnya tahu itu di babak kedua. Menjelaskannya karena saya pikir wasit paham dan Anda bisa lihat banyak situasi ganjil yang tidak ada keputusannya, hanya merusak ritme," jelas Klopp, seperti dilansir Dailymail.co.uk.

Seusai laga, Klopp mengajak bicara wasit. Apa yang dibahas? "Saya cukup tenang. Dia mengatakan kami tidak bicara. Ada banyak situasi 50-50 atau 60-40, dapat tendangan bebas untuk tim lain. Sebagai manusia, saya tahu jika saya membuat kesalahan di babak pertama saya tidak ingin membuka gap lebih banyak," jelasnya.

Mantan pemain Liverpool dan pundit Sky TV, Jamie Carragher, mengkritik performa Roberto Firmino dkk. Carragher berharap Liverpool bisa bangkit sebelum bertamu ke markas musuh abadi mereka, Manchester United, 24 Februari 2019 mendatang.

"Ini benar-benar performa buruk. Bahkan saya tidak akan bilang ini karena tekanan perebutan gelar. Saya hanya berpikir, banyak pemain yang tampil menyedihkan. Apa yang membuat Liverpool sekarang terluka adalah Manchester United memiliki skuat yang lebih baik," jelas Carragher.