Soal Perebutan Gelar Juara, Gundogan: Liverpool Lebih Diuntungkan

Ilkay Gundogan bersama dua rekannya di Manchester City. (Reuters/Jon Super)
06 Februari 2019 21:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTER - Manchester City dan Liverpool memimpin perebutan gelar juara Liga Premier Inggris musim ini. Gelandang City, Ilkay Gundogan, menyebut Liverpool lebih diuntungkan karena tinggal mengikuti dua kompetisi.

City saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara Liga Premier Inggris. Mereka mengoleksi 59 poin dari 25 laga yang sudah dijalani. The Citizens tertinggal tiga poin dari Liverpool yang berada di peringkat pertama.

Namun, City bisa menyalip Liverpool asalkan mampu mengalahkan Everton, Kamis (7/2/2019) dini hari WIB. Laga ini merupakan laga peka ke-27 yang dimajukan lantaran City akan bertanding di final Piala Liga Inggris melawan Chelsea pada 24 Februari 2019 mendatang.

Dengan jarak yang tipis, gelar juara pun bisa saja diperebutkan hingga pekan-pekan terakhir. Mengenai hal itu, Gundogan menilai Liverpool lebih diuntungkan. Pasalnya, tim polesan Jurgen Klopp tinggal bermain di Liga Premier Inggris dan Liga Champions.

Bandingkan dengan City yang masih bermain di empat kompetisi. Selain Liga Premier Inggris dan Piala Liga Inggris, City juga masih tampil di Liga Champions dan Piala FA. Artinya, tenaga City bakal lebih terkuras dibandingkan dengan Liverpool.

"Mungkin itu akan jadi sebuah keuntungan untuk mereka, entah lah. Ini tak bisa kami ubah sekarang. Mereka harus memainkan pertandingan mereka dan kami harus memainkan punya kami," tutur Gundogan seperti dikutip dari Sky Sports.

"Ketika Anda harus berlari di jalannya musim, Anda tak memikirkan banyak hal. Anda cuma masuk lapangan dan bermain. Ketika Anda tak punya banyak pikiran, Anda bisa sering menang. Begitulah yang saya rasakan ketika kami mampu juara di Dortmund, titel liga itu."

"Kami punya keuntungan karena hanya bermain Sabtu, Sabtu, Sabtu, dan pekan kosong di antaranya. Dia dalam situasi yang sama bersama Liverpool sekarang, hanya Premier League dan kemudian Liga Champions," tutup gelandang asal Jerman tersebut.