Claudio Pizarro, Tajam di Usia 40-an

Claudio Pizarro diadang dua pemain Borussia Dortmund. (Reuters/Leon Kuegler)
07 Februari 2019 13:55 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, DORTMUND - Kapan pesepak bola biasanya memutuskan pensiun? Apakah di usia 33 tahun? 34 tahun? 35 tahun? Setiap pesepak bola memiliki batas usia yang berbeda-beda saat gantung sepatu dari karier profesionalnya.

Pele memilih pensiun di usia sekitar 37 tahun, Zinedine Zidane gantung sepatu pada usia 33, sedangkan Marco Van Basten masih berusia kurang lebih 30 tahun ketika memutuskan berhenti dari dunia yang digelutinya selama ini.

Saat ini, Andres Iniesta yang berumur 34 tahun dan David Villa yang menginjak usia 37 tahun pada 3 Desember lalu belum bersedia pensiun. Namun, mereka tidak lagi bersaing di kompetisi papan atas. Iniesta hijrah ke Liga Tiongkok, sementara Villa meneruskan karier di Jepang setelah beberapa tahun melalang buana ke Major League Soccer (MLS) di Amerika Serikat.

Maka tak sedikit yang mengernyitkan dahi ketika melihat penampilan Claudio Pizarro saat membantu Werder Bremen menyingkirkan Borussia Dortmund lewat drama adu penalti 3-3 (4-2) pada babak 16 besar DFB Pokal di Signal Iduna Park, Dortmund, Rabu (6/2/2019) dini hari WIB. Di usia 40 tahun, di mana para pesepak bola mulai beralih profesi sebagai pelatih, pemain berjuluk Anden Bomber ini masih menunjukkan ketajamannya mencetak gol.

Pizarro yang diturunkan dari bangku cadangan mencetak gol untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-108. Ini merupakan gol ke-10 pemain asal Peru ini ke gawang Die Borrusien, julukan Dortmund. Dia juga dipercaya sebagai algjo penalti pertama Bremen pada adu tos-tosan. Tanpa ragu, eks bomber Bayern Munich tersebut melesakkan si kulit bundar dari titik penalti.

Sebenarnya tak banyak yang mengharap Pizarro bisa menyokong gol dalam periode kelimanya berkostum Bremen pada musim ini. Pelatih Bremen, Florian Kohfeldt, "hanya" membutuhkan Pizarro sebagai panutan dan penyejuk di ruang ganti.

"Dia akan memberi pengaruh bagus di ruang ganti dengan energi positifnya, keyakinan, dan rasa lapar akan kesuksesan. Jika dia fit dan sehat, saya yakin dia bisa membanti kami di momen krusial musim ini," ujar Kohfeldt saat menyambut kedatangan Pizarro pada 29 Juli 2018 lalu, seperti dilansir chicagotribune.com.

Doa Kohfeldt terjawab pada babak 16 besar DFB Pokal ini. Pada momen krusial, Pizarro masih menunjukkan dirinya sabagi salah satu bomber top meski sudah berusia kepala empat. Dia hanyalah satu dari tiga pemain berusia 40 tahun atau lebih yang masih berlaga di lima liga top Eropa. Dua pemain lainnya yakni Gianluigi Buffon yang memperkuat Paris Saint Germain (PSG) dan Hilton yang berkostum Montpellier.

"Saya merasa baik-baik saja. Saya tidak yakin apakah saya lebih baik ketimbang lima tahun lalu, namun saya merasa baik," ujar Pizarro kepada media Jerman, DW, saat merayakan ulang tahunnya ke-40 pada 3 Oktober lalu.