Persija Jakarta Tersingkir dari Liga Champions Asia

Persija Jakarta (Twitter/Persija_JKT)
12 Februari 2019 18:25 WIB Newswire Indonesia Share :

Solopos.om, SOLO - Persija Jakarta dipastikan tersingkir di ajang Liga Champions Asia. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu gagal melangkah ke fase grup setelah dibekuk tim asal Australia, Newcastle Jets, di babak kedua kualifikasi.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di McDonald Jones Stadium, Selasa (12/2/2019) sore WIB, Persija kalah dengan skor 3-1 dari sang tuan rumah. Dikutip dari Suara.com, Persija Jakarta harus berjuang hingga extra time melawan Newcastle Jets sebelum akhirnya Nigel Boogaard membuat wakil Indonesia itu pulang dengan kepala tertunduk.

Jets langsung mengambil inisiatif serangan sejak laga dimulai. Namun di 10 menit pertama, praktis belum ada peluang yang berarti dari dari tim tuan rumah maupun Persija. Menit 11, sebuah eksekusi tendangan bebas Petraros masih melambung di atas gawang Persija kawalan kiper dan kapten tim, Andritany Ardhiyasa.

Pada 15 menit awal laga, Jets sama sekali tak memberi celah sedikit pun bagi Persija untuk mengembangkan permainan. Menit ke-19, Persija akhirnya mendapat peluang pertama mereka. Riko Simanjuntak menembakkan bola voli tapi sayang seribu sayang, arahnya tepat kepada kiper Jets, Moss.

Memasuki menit 31, Jets mendapatkan dua kans emas untuk mencetak gol. Petratos merangsek masuk ke dalam kotak penalti usai menyambut bola through pass, tapi Andritany dengan sigap keluar dari sarangnya untuk mengamankan bola. Setelah itu, sebuah sundulan Donovan yang berdiri bebas di muka gawang Persija gagal menjadi gol lantaran masih menyamping. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-49, Jets membuka keunggulan via Ronald Vargas. Menerima umpan dari sisi kiri, Vargas berhasil menceploskan bola ke gawang setelah sebelumnya mampu meloloskan diri dari penjagaan centre-back Persija.

Persija sendiri akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-72. Melalui skema sepak pojok, sundulan Ramdani Lestaluhu sempat coba dihalau bek Jets. Namun bola kemudian mengenai mistar dan memantul ke tanah sebelum akhirnya masuk ke gawang. 1-1! Skor ini bertahan hingga 90 menit. Pertandingan pun berlanjut ke extra time.

Di babak extra-time, Jets mampu membobol gawang Persija untuk kedua kalinya pada menit 101 setelah sang kapten, Boogaard menceploskan bola melalui skema sepak pojok. Ridenton akhirnya melengkapi kemenangan Jets menjadi 3-1.

Susunan Pemain

Persija Jakarta XI (4-3-3): Andritany Ardhiyasa(C); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Dany Saputra/Fitra Ridwan; Sandi Sute/Septinus Alua, Ramdani Lestaluhu, Yan Pieter Nasadit/Tony Sucipto; Riko Simanjuntak, Marko Simic, Alberto Goncalves/Novri Setiawan.

Cadangan: Shahar, Bambang Pamungkas, Heri Susanto.

Pelatih: Ivan Kolev (Bulgaria)

Sumber : Suara.com