Sekoci bagi Sarri Itu Bernama Liga Europa

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri, mengamati anak asuhnya berlatih di Cobham Training Centre, Stoke D'Abernon, Cobham, Inggris, Rabu (13/2 - 2019). (REUTERS/Jennifer Lorenzini)
14 Februari 2019 00:40 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MALMO—Maurizio Sarri menempati urutan teratas dalam bursa taruhan tentang pelatih Liga Premier yang bakal dipecat musim ini.

Nama pelatih asal Italia tersebut menggusur juru taktik Everton, Marco Silva, yang semula menempati urutan pertama daftar tersebut. Pamor Sarri memang semakin redup, terutama setelah timnya dibuat babak belur Manchester City dengan skor 0-6 di Etihad Stadium, Manchester, akhir pekan lalu.

Rumor Sarri bakal dipecat semakin santer terdengar. Bahkan, beberapa pelatih dispekulasikan bakal menjadi suksesornya di kursi pelatih Chelsea, mulai dari Zinedine Zidane hingga eks gelandang Chelsea, Frank Lampard.

Namun, Sarri masih memiliki sekoci untuk menyelamatkan nasibnya di Chelsea, yakni dengan menjuarai Liga Europa. Owner The Blues, Roman Abramovich, disebut-sebut menuntut Sarri untuk menjuarai Liga Europa. Abramovich terpaksa mengubah target setelah The Blues keluar dari zona empat besar pada klasemen sementara Liga Premier.

Chelsea diyakini bakal kesulitan kembali ke Liga Champions musim depan lewat jalur finis empat besar Liga Premier. Untuk itu, Abramovich berharap Eden Hazard dkk. lolos ke Liga Champions dengan cara menjuarai Liga Europa.

Chelsea akan melanjutkan kiprahnya di kasta kedua Eropa ini dengan melawat ke markas Malmo pada leg pertama babak 32 besar di Swadbank Stadion, Malmo, Jumat (14/2/2019) pukul 03.00 WIB (disiarkan langsung RCTI). Sederet pemain Chelsea mulai menata kembali puing-puing mental mereka setelah dibantai The Citizens.

Bintang Chelsea, Eden Hazard, yang dirumorkan memiliki hubungan kurang harmonis dengan Sarri mulai angkat bicara. Dia membantah tudingan bahwa dirinya tidak cocok dengan gaya permainan Sarri alias Sarri-ball.

"Semua manajer yang pernah menangani saya, mereka memberi sesuatu pada diri saya. Mereka melihat sepak bola dengan cara berbeda, ini yang membuat saya sebagai pemain seperti sekarang ini. Mereka semua memberiku petuah penting. [Jose] Mourinho spesial, namun Sarri dan [eks Pelatih Lille, Rudi] Garcia, seperti mendorongku dengan filosofi permainanku," jelas Hazard, seperti dilansir standard.co.uk, Rabu (13/2/2019).

Lampard yang dikait-kaitkan bakal menggantikan Sarri masih yakin mantan klubnya bisa bangkit setelah terpuruk di markas City. Pelatih klub Championship, Derby County ini membantah tertarik segera mengisi jabatan juru taktik Chelsea dalam waktu dekat.

"Dengan memakai emblem Chelsea selama 13 tahun sebagai pemain di sana, Anda bisa merasakan itu [kekalahan 0-6 dari City] dan itu sangat tidak menyenangkan. Itu tidak mudah dan itu tidak sering dialami Chelsea. Ini mengejutkan. Namun mereka akan bangkit. Penting bagi tim-tim top bisa bangkit dengan perkasa, tidak peduli seberapa parah kekalahan Anda. Itu yang dilakukan tim top dan Chelsea adalah tim top," jelas Lampard.

MALMO VS CHELSEA
Live RCTI, Jumat (15/2) pukul 03.00 WIB
Stadion Swedbank Stadion (Malmo)
Wasit Aliaksei Kulbakou (Belarusia)

Perkiraan susunan pemain:

MALMO (3-5-2)
Pelatih: Uwe Rosler (Jerman)
Dahlin; Nielsen, Bengtsson, Safari; Vindheim, Christiansen, Bachirou, Lewicki, Rieks; Rosenberg, Antonsson

CHELSEA (4-3-3)
Pelatih: Maurizio Sarri (Italia)
Arrizabalaga; Azpilicueta, Cahill, Christensen, Emerson; Kante, Ampadu, Kovacic; Loftus-Cheek, Higuain, Willian