Piala FA: City Waspadai Pembunuh Raksasa

Sergio Aguero (Reutres - Phil Noble)
15 Februari 2019 23:30 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, NEWPORT--Manchester City memang jauh lebih difavoritkan ketika bertamu ke markas Newport County pada babak 16 besar Piala FA di Rodney Parade, Newport, Minggu (17/2/2019) pukul 00.30 WIB. Tapi tim yang dinakhodai Josep "Pep" Guardiola tetap perlu waspada, sebab Newport menjelma tim pembunuh raksasa di Piala FA musim ini.

Newport yang notabene berasal dari kompetisi kasta keempat, League Two, mampu menyingkirkan  Leicester City dan Middlesbrough untuk bertemu City di babak 16 besar. Kemenangan atas Leicester dan Middlesbrough itu diperoleh ketika mereka turun di Rodney Parade.

Newport pun sepertinya bermimpi untuk meneruskan tren positif mereka di Rodney Parade ketika menjamu City dalam turnamen tertua di dunia ini. Chief Scout Newport, Paul Molesworth,  yang menonton langsung The Citizens ketika melumat Chelsea 6-0 pada Liga Premier di Etihad Stadium, akhir pekan lalu bahkan sesumbar melihat kelemahan lawannya.

"Anda bisa menemukan beberapa kelemahan. Ini yang kami cari, dengan menyaksikan mereka pada Minggu lalu, memang tidak banyak," ujar Molesworth, seperti dilansir manchestereveningnews.co.uk, Jumat (15/2/2019).

Mengenai kelemahan City, Moleswoth tidak main-main. Menurutnya, titik kelemahan City ketika melumat Chelsea terletak pada bek kiri Oleksandr Zinchenko. Zinchenko tampak beberapa kali dalam tekanan meski akhirnya Chelsea gagal mencetak gol.

Winger Robbie Wilmott menjadi salah satu pemain Newport yang perlu diwaspadai City. Wilmott dinobatkan sebagai Man of the Match ketika Newport menundukkan Middlesbrough 2-0 pada babak 32 besar lalu lantaran menyokong gol brilian.

"Jika kami bisa menang, entah dengan babak perpanjangan waktu atau penalti, dan saya tidak peduli bagaimana caranya, ini akan jadi kejutan paling besar dalam sejarah Piala FA. Saya respek dengan tim lain yang juga menjadi pembunuh raksasa," jelas Manajer Newport, Michael Flynn.

Reputasi Newport pada babak sebelumnya bisa membuat Guardiola terpaksa memainkan skuat terbaiknya di Rodney Parade nanti. Meski demikian, Guardiola harus tetap memikirkan rotasi karena tengah pekan depan Sergio Aguero dkk. akan melawat ke markas Schalke untuk laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

 

Prediksi Starting XI

Newport (3-5-2): Day; Frank, Demetriou, O'Brien; Willmott, Bakinson, Labadie, Bennett, Butler; Amond, Matt

Manchester City (4-3-3): Ederson; Danilo, Stones, Otamendi, Delph; Foden, Gundogan, David Silva; Mahrez, Jesus, Sane