Kok Cuma Menang Tipis Barca?

Barcelona vs Real Valladolid (Reuters/Albert Gea)
17 Februari 2019 21:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, BARCELONA - Sejatinya ada 22 pemain yang berada di lapangan saat Barcelona bertemu Real Valladolid di Camp Nou, Barcelona, Minggu (17/2/2019) dini hari WIB. Namun, hanya ada dua pemain yang benar-benar menyedot perhatian penonton dalam duel ini, yaitu Lionel Messi dan Jordi Masip.

Messi memastikan kemenangan Barca 1-0 dengan gol penaltinya pada menit ke-43. Wasit memberi hadiah penalti kepada raksasa Catalan setelah bek Barca, Gerard Pique, terjatuh setelah didorong pemain Valladolid, Michel, di kotak terlarang. Namun, sejak itu tak ada lagi gol tercipta hingga wasit meniup peluit akhir.

Sebenarnya, Messi sudah berusaha sekuat tenaga untuk menambah gol bagi Los Blaugrana, julukan Barca. Penyerang berjuluk La Pulga tersebut total melepaskan 12 tembakan. Ini menjadikan Messi sebagai pemain dengan jumlah tembakan terbanyak dalam sebuah pertandingan di lima liga top Eropa musim ini.

Namun ketangguhan kiper Valladolid, Jordi Masip, menggagalkan Barca tampil beringas. Eks penjaga gawang Barca ini menepis beberapa percobaan tembakan penyerang Los Blaugrana, seperti Messi dan Luis Suarez. Puncak dari momentum heroik Masip dipertontonkan ketika menepis tendangan penalti kedua Messi pada menit ke-85.

Saat itu, Messi melesakkan tendangan dari titik putih mengarah ke sisi kiri gawang Masip. Namun, Masip dengan sigap mengebloknya. Messi masih mencoba meneruskan bola rebound hasil tepisan Masip dengan sundulan. Tapi upaya bomber asal Agentina itu menambah gol Barca lagi-lagi digagalkan Masip.

"Pergerakan bola kami tidak secepat seperti biasanya. Kami kurang stabil di babak pertama, kami baru mendapatkannya di babak kedua. Kami punya enam peluang yang sebenarnya berpotensi memberi hasil," keluh Pelatih Barca, Ernesto Valverde, seperti dilansir Reuters.

Kemenangan Barca karena "bantuan" penalti melawan Valladolid ini menjadi sorotan media-media Spanyol. Dalam situs Marca menyebut hasil imbang 0-0 melawan Athletic Bilbao dan kemenangan tipis 1-0 atas Valladolid dalam dua pertandingan terbaru Barca di Liga Spanyol merupakan penampilan paling menyedihkan pasukan Ernesto Valverde musim ini.

Marca menganggap Barca tidak membawa modal kompeten sebelum memasuki pekan dua pekan sulit dengan melawan Lyon pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, berduel dengan Sevilla, plus dua el clasico masing-masing di leg kedua semifinal Coppa del Rey dan Liga Primera. "Kami bukan Barca seperti yang kami inginkan hari ini," ujar Pique. Hanifah Kusumastuti/JIBI)