Pembuktian Phil Foden kepada Guardiola

Phil Foden (Reuters/Rebecca Naden)
18 Februari 2019 15:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, NEWPORT - Phil Foden tentu tahu konsekuensi menjadi pemain di klub sekelas Manchester City. Dia harus bersaing dengan para pemain papan atas untuk bisa masuk ke line-up utama pasukan Josep "Pep" Guardiola.

Foden sejauh ini hanya dimainkan sebagai starter ketika Piala Liga dan Piala FA. Sedangkan di Liga Premier Inggris dan Liga Champions, gelandang berusia 18 tahun ini harus bersaing mati-matian dengan Kevin de Bruyne, duo Silva (David dan Bernardo), dan sederet gelandang berpengalaman City lainnya.

Meski begitu, Foden tetap memberikan penampilan terbaik saat dimainkan sebagai starter oleh City, tak peduli laga apa pun itu. Hal itu dibuktikannya ketika membawa City menaklukkan Newport County 4-1 pada babak 16 besar Piala FA di Rodney Parade, Newport, Minggu (17/2/2019) dini hari WIB. Foden mencetak brace pada pertandingan ini, masing-masing pada menit ke-75 dan menit ke-89.

"Satu-satunya masalah Phil adalah dia harus bersaing dengan Kevin De Bruyne, David Silva, dan Bernardo Silva. Dia pemain yang selalu siap tampil. Hari ini tes yang bagus baginya, dan itu bagus. Dia banyak belajar dan dia membantu kami menang dengan dua gol hebat. Dia punya mentalitas dan kemampuan mencetak banyak gol ketika berada di dekat kotak penalti. Dia brilian," ujar Guardiola memuji pemain mudanya itu, seperti dilansir Dailymail.co.uk.

Foden dimainkan sejak menit awal. Sementara De Bruyne dan Bernardo Silva diistirahatkan di bangku cadangan. Hanya David Silva, pesaing Foden yang masuk starter di kandang Newport. Guardiola juga mencadangkan Sergio Aguero dan memainkan Gabriel Jesus. Rotasi pemain ini diperlukan karena The Citizens bakal melawat ke markas Schalke pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (21/2/2019) dini hari WIB mendatang.

Selain dua gol Foden, dua gol City lain masing-masing disokong Leroy Sane dan Riyad Mahrez. Sedangkan satu-satunya gol balasan Newport dilesakkan Padraig Almond. Lima gol yang terjadi di laga ini semua terjadi di babak kedua.