2 Gol Marinus Antar Indonesia ke Semifinal Piala AFF U-22

Timnas Indonesia U/22 (Twitter/PSSI)
22 Februari 2019 20:23 WIB Ahmad Baihaqi Indonesia Share :

Solopos.com, PHNOM PENH - Timnas Indonesia U-22 sukses melaju ke babak semifinal Piala AFF U-22 2019. Hal itu didapat usai anak asuh Indra Sjafri mampu mengalahkan tuan rumah Kamboja dengan skor 2-0.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (22/2/2019) malam WIB, Indonesia yang membutuhkan kemenangan langsung berinisiatif menyerang. Namun peluang pertama justru didapat Kamboja pada menit keempat melalui tendangan bebas yang masih bisa diamankan Awan Setho.

Indonesia berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-18. Berawal dari akselerasi Witan Sulaeman, bola kemudian dioper ke kotak penalti. Sebuah kemelut terjadi. Marinus kemudian menyambut bola liar dan berhasil menyarangkan bola ke gawang. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Menit ke-28, Indonesia memiliki peluang emas. Osvaldo berhasil menyisir di sisi kiri pertahanan Kamboja, sayang umpan manisnya di kotak penalti tak ada yang menyambut. Setelahnya, Kamboja sempat mengancam lewat sundulan salah satu pemainnya tapi masih bisa diamankan Awan Setho. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga jeda turun minum.

Di babak kedua, Indonesia langsung menebar ancaman. Mereka bahkan memiliki peluang emas selang satu menit setelah wasit meniup peluit tanda babak kedua dimulai. Osvaldo Haay yang berada di mulut gawang mendapat umpan matang dari Witan Sulaeman. Sayang, sundulannya masih melebar.

Indonesia terus menggebark setelah itu. Pada menit ke-56, Gian Zola melakukan tendangan keras di dalam kotak penalti. Sayang, tembakannya masih bisa diblok. Pada menit ke-61, giliran Osvaldo Haay yang gagal memanfaatkan peluang di kotak penalti.

Indonesia akhirnya bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-82. Marinus Wanewar kembali mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini, dia berhasil memenangi duel dengan pemain belakang Kamboja sebelum akhirnya menceploskan bola ke gawang. Skor 2-0 untuk Indonesia bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini membuat Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF U-22 2019 sebagai runner up Grup B. Mereka mengoleksi lima poin dari tiga laga yang dijalani. Sementara Kamboja tetap lolos sebagai juara Grup B dengan torehan enam poin.

Susunan pemain Timnas Indonesia U-22

Awan Setho, Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, Bagas Adi, Firza Andhika, Luthfi Kamal, Sani Rizky, Gian Zola, Osvaldo Haay, Witan Sulaeman, Marinus Wanewar