Sevilla Vs Barcelona: Awas Salah Prioritas Blaugrana!

Pemain Barcelona merayakan kemenangan atas Villarreal pada pertandingan ke-14 La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Senin (3/12 - 2018) dini hari WIB. (Reuters/Albert Gea)
23 Februari 2019 08:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, SEVILLA — Kepala Ernesto Valverde agaknya pusing bukan kepalang jelang laga melawan Sevilla dalam lanjutan Liga Spanyol di Ramon Sanchez Pizjuan, Sabtu (23/2/2019) malam WIB. Penyebabnya adalah jadwal “horor” yang harus mereka jalani tiga pekan mendatang.

Setelah laga melawan Sevilla, Blaugrana sudah ditunggu dua edisi El Clasico beruntun melawan Real Madrid di semifinal leg I Copa del Rey (28 Februari) serta di Liga Spanyol (3 Maret). Sebelas hari kemudian mereka harus menjamu Olympique Lyon di leg II babak 16 besar Liga Champions. Di sela laga itu Gerard Pique dkk. harus menghadapi kuda hitam Girona (7 Maret) dan Rayo Vallecano (10 Maret).

Saking beratnya jadwal tersebut, sejumlah suporter Barca bahkan sampai meminta Valverde mengistirahatkan Lionel Messi akhir pekan ini. Padahal Sevilla adalah tim kuat dengan predikat peringkat empat klasemen. Namun fans Barca tampaknya lebih khawatir La Pulga gagal tampil optimal di El Clasico ketimbang melawan Sevilla.

Sinyal kelelahan Messi memang sudah terlihat ketika dia hanya mampu melepas satu tembakan on target di leg I babak 16 besar melawan Lyon. Total playmaker Timnas Argentina itu hanya mencetak satu gol dalam empat penampilan terakhir di semua kompetisi.

“Messi tidak sedang baik-baik saja. Sejak mendapat cedera otot, dia tak pernah punya waktu untuk istirahat. Tinggalkan dia akhir pekan ini,” cuit Andy West dalam akun twitternya, seperti dilansir Barca Blaugranes, Jumat (22/2/2019).

Pilihan mencadangkan Messi memang cukup berisiko bagi Valverde mengingat tandemnya, Luis Suarez, juga hanya mampu mengemas dua gol dalam sembilan penampilan terkini di semua ajang. Situasi kian rumit karena Valverde juga harus berhitung untuk menurunkan Ivan Rakitic, Arturo Vidal dan Clement Lenglet.

Jika mendapat kartu kuning saat melawan Sevilla, mereka dipastikan absen melawan Madrid di kompetisi domestik. Padahal di saat yang sama Arthur masih absen karena belum pulih dari cedera. Valverde bisa jadi bakal menurunkan Carles Alena dan Sergi Roberto untuk mengisi lini tengah tim. Sedangkan Philippe Coutinho akan kembali dipercaya di lini depan jika salah satu di antara Suarez dan Messi dicadangkan.

Beruntung, Sevilla juga diragukan tampil bersama Sergio Escudero dan Jesus Navas yang mengalami cedera ketika melawan Lazio di Liga Europa, Kamis (22/2/2019), seperti dilansir Sport. Kondisi ini membuat Andre Silva dkk. kian sulit keluar dari tren buruk di Liga Spanyol.

Mereka hanya memetik dua kemenangan di 11 laga terakhir. Di empat laga terkini, Los Nervionenses bahkan tak pernah menang dengan menelan tiga kekalahan. Hasil itu membuat mereka tertahan di peringkat keempat setelah sempat menduduki singgasana pada pekan ke-13.