Misi De Gea Raih 100 Clean Sheet di Liga Inggris

David De Gea (Reuters/Eddie Keogh)
24 Februari 2019 16:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTER - Kiper Manchester United, David de Gea, bakal mendapat momentum istimewa untuk mendandai clean sheet ke-100 dalam kariernya di Liga Premier. Yaitu ketika United berjumpa Liverpool pada North West Derby, Manchester, Minggu (24/2/2019) malam WIB.

Sejak diboyong dari Atletico Madrid pada 2011, kiper berjuluk Super Dave tersebut telah mengemas 99 clean sheet dalam 263 pertandingan. Jika berhasil mengamankan gawangnya perawan saat melawan Liverpool, De Gea akan tercatat sebagai kiper ketujuh dalam sejarah Liga Premier Inggris yang mampu mendulang 100 clean sheet untuk satu klub.

Namun, De Gea sangat paham tidak mudah membendung serangan Liverpool yang dikenal ganas bersama trisula Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane. Musim ini, Liverpool menjadi tim tersubur kedua di Liga Premier Inggris dengan torehan 59 gol dalam 26 laga, alias memiliki rasio mencetak 2,2 gol per pertandingan.

Tapi kiper mana yang tak ingin menandai clean sheet ke-100 di laga bergengsi seperti North West Derby? De Gea salah satu kiper yang ingin tampil brilian di super big match Liga Premier Inggris tersebut.

"Ini laga terbesar di Inggris. Ini laga yang sangat spesial, bagi fans, klub, dan para pemain, apalagi ini dimainkan di Old Trafford. Ini sebuah laga yang masif. Kami ingin menikmatinya dan akan berusaha yang terbaik untuk memenangi bentrok ini," jelas De Gea, seperti dikutip manutd.com, Sabtu (23/2/2019).

De Gea memiliki serangkaian memori bagus melawan Liverpool. Dia mencatat penyelamatan ikonik ketika menahan tembakan Philippe Coutinho dan Joel Matip di Anfield. Sayang, pertemuan terbaru melawan Liverpool, gawang United yang dikawal De Gea dipaksa kebobolan tiga kali.

"Saya bermain beberapa kali melawan mereka, jadi saya tak tahu mana yang favorit. Mungkin laga di Old Trafford ketika kami menang 3-0 [14 Desember 2014]. Saya bermain bagus beberapa laga namun kemenangan itu menjadi salah satu yang tak terlupakan, pengalaman bagus," ujarnya.

De Gea bakal adu ketangguhan dengan penjaga gawang Liverpool, Alisson Becker. Kiper Brasil itu mengemas 14 clean sheet di Liga Inggris musim ini, jauh dari De Gea yang "hanya" mengemas 6 clean sheet. Namun dari segi persentase penyelamatan, De Gea tidak boleh minder. Karena dia hanya kalah tipis dengan Alisson, yakni 73 persen berbanding 77 persen. Ini pun De Gea dipaksa menghadapi jumlah tembakan sekitar dua kali lipat lebih banyak ketimbang Alisson, yani 128 kali berbanding 66 kali!.