Bungkam Kritik, Messi Tirukan Selebrasi Pele

Selebrasil Pele dan Messi
24 Februari 2019 22:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, SEVILLLA - Megabintang Barcelona, Lionel Messi, tak hanya menjadi pusat perhatian karena mencetak hattrick ke-50 dalam kariernya saat melawan Sevilla di Ramon Sanchez Pizjuan, Sabtu (23/2/2019) malam WIB. Penyerang berjuluk La Pulga tersebut juga menjadi buah bibir karena selebrasi yang dilakukannya dalam duel tersebut.

Ya, Messi merayakan gol keduanya untuk menyamakan kedudukan Barca menjadi 2-2 dengan memeluk rekan setimnya, Osumane Dembele, di babak kedua. Messi mengepalkan tangan kanan dan meninjukannya ke udara. Sedangkan tangan kirinya merangkul Dembele.

Perayaan gol itu sontak viral di jagat maya karena mirip dengan selebrasi ikonik legenda Brasil, Pele, pada Piala Dunia Meksiko 1970. Posisi Messi mirip dengan Pele ketika merayakan gol pembukanya dengan sundulan dengan merangkul rekan setimnya, Jairzinho, pada Piala Dunia, 49 tahun silam.

Tidak ada keterangan khusus dari Messi apakah dirinya sengaja menirukan selebrasi ikonik Pele tersebut. Yang pasti, Messi pernah mendapat kritik kurang mengenakkan dari legenda Brasil itu pada pengujung 2018 lalu.

Saat itu, Pele menilai Cristiano Ronaldo lebih baik ketimbang Messi karena mampu mencetak gol dengan berbabagi cara. Ronaldo memang dikenal piawai mengemas gol dari berbagai anggota tubuh, mulai dari kaki kanan, kaki kiri, dan kepala. Sementara hampir semua gol-gol La Pulga, sapaan Messi, lahir dari sepakan kaki kirinya.

"Bagaimana Anda bisa membandingkan seorang pemain yang bisa mencetak gol sundulan, tendangan kaki kiri, dan kaki kanan yang sama baiknya dengan pemain lain yang cuma bisa menembak, mendribel, dan mencetak gol dengan satu kaki [kaki kiri], dan tidak bisa menyelesaikan umpan memakai kepala dengan baik?" ujar Pele ketika itu, seperti dilansir marca.com.

Wajar, apabila banyak yang mengaitkan selebrasi Messi untuk membungkam kritik Pele. Dengan tiga gol ke gawang Sevilla, Messi total mengumpulkan 25 gol di Liga Primera musim ini. Dia memimpin perebutan Sepatu Emas sementara musim ini, bersaing dengan wonderkids Kylian Mbappe dari Paris Saint Germain (PSG) yang mengoleksi 22 gol di Ligue 1.