Rekor Baru! Mbappe Jadi Pemain Termuda Pencetak 50 Gol di Liga Prancis

Kylian Mbappe (Reuters/Gonzalo Fuentes)
24 Februari 2019 23:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, PARIS — Striker Paris Saint Germain (PSG), Kylian Mbappe, kembali bikin sensasi dengan menjadi pemain termuda yang mampu menembus 50 gol lebih di Ligue 1. Dua golnya saat PSG membekuk Nimes dengan skor 3-0 di Parc des Princes, Minggu (24/2/2019) dini hari WIB, membuat rekor yang telah bertahan selama 37 tahun di Ligue 1 runtuh.

Dengan usia 20 tahun, dua bulan dan tiga hari, Mbappe telah mengemas 51 gol sejak debutnya di Ligue 1 bersama AS Monaco tahun 2015 silam. Sebelumnya, pemain termuda yang sukses mengoleksi 50 gol di kompetisi tertinggi Prancis adalah Yannick Stopyra. Torehan itu diciptakan bersama Sochaux tahun 1982 saat usianya 21 tahun, 11 bulan dan sembilan hari.

“Saya bekerja keras setiap hari untuk membantu tim sebisa mungkin. Saya ingin menikmati permainan saya karena itu sangat menyenangkan. Mencetak banyak gol dan memecahkan banyak rekor membuat saya bersemangat,” ujar Mbappe seperti dilansir ESPN, Minggu.

Tak hanya memecahkan rekor bersejarah, striker berjuluk Donatello itu kian menajamkan catatan golnya musim ini menjadi 22 gol di Ligue 1. Capaian itu sekaligus menjaga persaingan dengan pemain Barcelona, Lionel Messi (25 gol) yang berambisi mempertahankan gelar Sepatu Emas musim ini. Messi masih menjadi pemain dengan gelar Sepatu Emas terbanyak (lima kali), unggul satu gelar dari Cristiano Ronaldo.

Meski demikian, Pelatih PSG, Thomas Tuchel, ternyata belum puas dengan performa Mbappe saat melawan Nimes. Dia menilai striker 20 tahun itu mestinya bisa mencetak gol lebih banyak andai lebih tenang dalam penyelesaian akhir.

Dilansir Whoscored, Mbappe tercatat memborong lima dari tujuh tembakan tepat sasaran PSG di laga kemarin. Namun hanya dua yang dikonversi menjadi gol. “Saya tahu dia tampil bagus, tapi dia seharusnya mencetak empat atau lima gol,” cetus eks Pelatih Borussia Dortmund itu.