Prediksi Final Piala AFF U-22 Indonesia Vs Thailand

Timnas Indonesia U/22 (Twitter/PSSI)
26 Februari 2019 10:25 WIB Ivan Andimuhtarom Indonesia Share :

Solopos.com, PHNOM PENH - Indra Sjafri tentu berpikir keras mengenai strategi yang akan diterapkan kala anak asuhnya di Timnas Indonesia U-22 berjumpa Thailand pada laga final Piala AFF U-22 2019 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019), pukul 18.30 WIB. Pasalnya Thailand bukanlah lawan yang bisa diremehkan.

Selama membesut Timnas Indonesia U-19, pelatih asal Sumatera Barat tersebut sudah empat kali berjumpa Thailand. Dua laga berakhir dengan kemenangan Tim Garuda. Sementara dua laga lainnya dimenangkan Tim Negeri Gajah Putih.

Kemenangan Indra Sjafri didapat saat fase grup Piala AFF U-19 2013 dan perebutan tempat ketiga Ketiga Piala AFF U-19 2018. Kala itu, Garuda Muda mengalahkan Thailand dengan skor 3-1. Lima tahun berselang, anak asuh Indra Sjafri mengalahkan Thailand dengan skor 2-1.

Sedangkan kekalahan Indra didapat pada semifinal Piala AFF U-19 2017 secara dramatis karena harus ditentukan dengan adu penalti. Indonesia harus menyerah 2-3 (0-0) atas Thailand. Satu kekalahan lainnya diderita pada fase grup Piala AFF U-19 2018 dengan skor 1-2.

Hasil tersebut membuktikan kedua tim bisa dikatakan sama kuat. Maka, laga final Piala AFF U-22 menjadi babak penentuan atas superioritas tim sepak bola U-22 di level Asia Tenggara. Indonesia mendapat tiket ke babak final setelah mengandaskan perlawanan Vietnam dengan skor 1-0. Sedangkan Thailand telah melalui laga yang sulit kala mengalahkan Kamboja melalui drama adu penalti dengan skor 5-3 (0-0).

Marinus Wanewar dkk. berpeluang menjadi juara untuk kali pertama pada kategori U-22 menilik peningkatan performa yang mereka tunjukkan selama kompetisi berlangsung. Pada laga terakhir penyisihan grup B, Timnas Indonesia U-22 bahkan berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor 2-0 dan menjadi runner up grup.

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri memohon doa dari masyarakat Indonesia menjelang partai final Piala AFF U-22 menghadapi Thailand. Selain itu, ia berpesan agar para pemain lebih fokus selama laga berlangsung.

"Hanya dengan dua kali 45 menit kita bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara," ujar pelatih berusia 56 tahun itu seusai memimpin sesi latihan terakhir di Olympic Stadium, dikutip dari Antara, Senin (25/2).

Laga melawan Thailand bakal menjadi partai final kedua Indra di kejuaraan AFF kelompok umur. Sebelumnya, Indra membawa Timnas U-19 ke partai final Piala AFF U-19 2013 dan sukses menjadi juara dengan menaklukkan Vietnam lewat adu penalti 7-6 (0-0).

Sementara itu, pencetak gol penentu kemenangan Timnas Indonesia U-22 di semifinal, M. Luthfi Kamal Baharsyah menyatakan meski menang tipis atas Vietnam, timnya layak tampil di final Piala AFF U-22 2019.

"Kami sudah bekerja keras dan pantas menang. Semoga di final nanti, kami bisa menjadi juara," ujar Luthfi.