Liverpool Vs Watford: Apa yang Salah dengan Mo Salah?

Mohamed Salah. (Reuters/David Klein)
27 Februari 2019 09:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LIVERPOOL - Kehadiran Mohamed Salah musim lalu bagaikan sebuah fenomena. Dia pernah gagal di Liga Premier Inggris bersama Chelsea, namun winger asal Mesir melesat bak meteor bersama Liverpool dengan mencetak 42 gol di semua kompetisi pada 2017/2018.

Bagaimana dengan musim ini? Salah tetap moncer dengan memimpin top scorer sementara Liga Inggris setelah mengemas 17 gol. Dia bersanding dengan bomber City, Sergio Aguero, yang juga mengoleksi 17 gol. Namun, ada yang salah dengan Salah. Eks pemain AS Roma ini seolah kehilangan sentuhan magisnya saat turun pada big match.

Dalam data Liverpoolecho.co.uk, Salah hanya mengemas sebiji gol dalam delapan laga melawan Big Six di Liga Inggris musim ini. Satu gol itu pun lahir dari titik penalti! Tak ayal, Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, sampai mengganti Salah dengan penyerang yang jarang dipakainya, Divock Origi, pada menit ke-79. Padahal, Klopp membutuhkan suntikan serangan. Pertandingan pun berakhir imbang tanpa gol.

Lenyapnya ketajaman Salah dalam big match Liga Premier menular ke Liga Champions musim ini. Di kompetisi paling glamor di Eropa itu, pemain berambut keriwil ini gagal merobek gawang Paris Saint Germain dua kali dan Bayern Munchen.

Dibandingkan Aguero, Salah memiliki persentase jauh lebih rendah untuk meralisasikan peluang potensi menjadi gol. Salah hanya merealisasikan 54% peluang potensi gol (Expected Goals alias xG) di Liga Premier Inggris musim ini. Sedangkan Aguero menembus 80%.

Hasil imbang di markas United akhir pekan lalu sendiri membuat Liverpool hanya mampu menambah sebiji poin. Liverpool hanya unggul sebiji poin atas City, di mana kedua tim kini sama-sama tinggal menyisakan 11 laga. Jordan Henderson dkk. pun pantang kembali terselip pada laga berikutnya jika masih ingin mempertahankan singgasana sementara Liga Premier.

Liverpool bakal menjamu Watford di Stadion Anfield, Kamis (28/2/2019) pukul 03.00 WIB. Sementara pada waktu hampir besamaan City akan menjamu West Ham United. Kali ini Liverpool boleh berharap pada Salah. Dia memiliki rekor apik kontra Watford, dengan memborong enam gol hanya dalam tiga pertemuan di Liga Premier.

Watford ibarat kuda hitam di Liga Premier musim ini. Tim yang diarsiteki Javi Garcia tersebut secara mengejutkan merangsek ke posisi ketujuh klasemen sementara. Gerard Deulofeu dkk. membantai Cardiff City 5-1 pada laga terbaru mereka. Deulofeu memborong tiga gol dan Troy Deeney menyumbang brace.

"Kami tidak punya banyak waktu untuk persiapan melawan Watford namun kami akan bermain di kandang dan semoga suporter bisa membantu kami," jelas Klopp, seperti dilansir liverpoolfc.com, Selasa (26/2/2019).