Copa del Rey: Barca dan Madrid Berebut Meraih Treble

Lionel Messi (Reuters/Marcelo del Pozo)
27 Februari 2019 10:13 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MADRID--Real Madrid dan Barcelona masih memiliki peluang menyapu tiga gelar sekaligus pada 2018/2019. Namun, salah satu dari raksasa Spanyol ini akan memupus mimpi treble mereka, tengah pekan ini.

Madrid dan Barcelona memperebutkan satu tiket ke final Copa del Rey. Penentuannya bakal digelar pada leg kedua semifinal di kandang Madrid, Santiago Bernabeu, Kamis (28/2/2019) pukul 03.00 WIB. Partai di Bernabeu diprediksi berlangsung ketat setelah kedua tim berbagi skor imbang 1-1 pada leg pertama di Camp Nou.

Barca sendiri pernah dua kali merasakan meraih tiga trofis sekaligus (Liga Champions, Liga Primera, dan Copa del Rey) dalam semusim masing-masing pada 2008/2009 bersama pelatih Josep Guardiola dan 2004/2015 dengan pelatih Luis Enrique. Sementara Madrid belum pernah sekalipun mendapatkan treble sepanjang sejarah mereka.

Madrid mungkin sedikit diuntungkan karena mengantongi modal gol tandang pada semifinal Copa del Rey ini. Mereka akan lolos ke final seandainya duel di Bernabeu berakhir imbang 0-0. Namun, Madrid tidak boleh lengah karena mereka yang justru bakal tersingkir seandainya skor berakhir imbang dengan lebih dari dua gol (2-2, 3-3, dan seterusnya).

Los Blancos, julukan Madrid, bisa mengandalkan Gareth Bale yang mencetak gol penentu kemenangan mereka saat menundukkan Levante 2-1 lewat penalti, Senin (25/2/2019) dini hari WIB. Eks winger Tottenham Hotspur tersebut mendapat sorotan tajam karena enggan selebrasi rekan-rekan setimnya. Sontak, Bale diisukan tidak harmonis dengan para pemain Los Blancos.

Tapi Pelatih Madrid, Santiago Solari, tidak ambil pusing dengan rumor tersebut. Madrid juga tidak memberi sanksi khusus atas sikap Bale. Bisa jadi, Solari dan petinggi Los Blancos tidak ingin membuat Bale ngambek sebelum el clasico. "Saya tidak peduli bagaimana para pemain berselebrasi, saya lebih tertarik dengan apa yang mereka lakukan, saya suka sikap Bale dan caranya menuntaskan gol," jelas Solari, seperti dilansir marca.com, Selasa (26/2/2019).

Barcelona bukan hanya berstatus juara bertahan Copa del Rey. Los Blaugrana juga selalu lolos ke final dalam enam tahun beruntun. Barca pun bakal mengandalkan mesin golnya, Lionel Messi, untuk mempertahankan gelar mereka di turnamen ini.

Bomber berjuluk La Pulga ini bakal melakoni el clasico ke-40 dalam kariernya bersama Los Blaugrana, julukan Barca. Dalam 39 laga sebelumnya, Messi sukses mendulang 26 gol di duel klasik yang mempertemukan dua tim terbesar di dunia ini. Pekan ini, bakal menjadi kesempatan Messi menambah isi rekening golnya pada el clasico. Sebab, setelah berduel pada leg kedua semifinal Copa del Rey, dia dan rekan-rekannya akan kembali ke Bernabeu untuk el clasico di Liga Primera, akhir pekan ini. Barca pantas optimistis bisa mendulang banyak gol di markas Madrid. Dalam kunjungan terbaru mereka ke Bernabeu, Los Blaugrana menang tiga gol tanpa balas pada Desember 2017.

"Ini [Copa del Rey] bukan titel yang paling kami inginkan, namun tetap penting," ujar Messi setelah mencetak hattrick ke-50 saat Barcelona menundukkan Sevilla 4-2 di Liga Primera, seperti dilansir abs-cbn.com.

 

Perkiraan Starting XI

Real Madrid (4-3-3) Pelatih: Santiago Solari (Argentina)

Navas; Carvajal, Varane, Ramos, Reguilon; Kroos, Casemiro, Modric; Vazquez, Benzema, Vinicius

Barcelona (4-3-3) Pelatih: Ernesto Valverde (Spanyol)

Ter Stegen; Roberto, Umtiti, Pique, Alba; Rakitic, Busquets, Vidal; Messi, Suarez, Dembele