City Dominan, Bournemouth Cuma Kebagian 2 Umpan per Menit

Bournemouth vs Manchester City (Reuters/Matthew Childs)
03 Maret 2019 22:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, BOURNEMOUTH — Vitality Stadium berubah menjadi neraka bagi Bournemouth saat mereka menjamu Manchester City, Sabtu (2/3/2019) malam WIB. Alih-alih mendapat suntikan semangat lebih dengan bermain di kandang, Bournemouth justru didikte habis-habisan oleh tamunya di laga tersebut.

Klub berjuluk The Cherries ini mendapat porsi penguasaan bola yang amat sedikit, 18%. Tak hanya itu, Bournemouth dibikin tak mampu mencetak satupun tembakan maupun sepak pojok sepanjang pertandingan. Sebaliknya, The Citizens mampu melesakkan 17 tembakan meski hanya satu yang berbuah gol melalui Riyad Mahrez di menit ke-55.   

Sejak Opta mencatat statistik sepak bola mulai musim 2003/2004, belum pernah ada klub di Liga Premier Inggris yang gagal melepaskan satupun tembakan ke gawang lawan. Sepanjang 90 menit, Bournemouth bahkan hanya bisa melepaskan 176 umpan dengan 100 di antaranya yang tepat sasaran. 

Itu artinya Ryan Fraser dkk. rata-rata hanya membuat dua operan setiap satu menit. Bandingkan dengan City yang membuat 810 operan dan 733 di antaranya tepat sasaran. 

“Itu pertandingan yang berat, kami tidak mendapatkan bola. Menyakitkan mengatakan hal itu karena kami kami ingin mendapat bola. Namun di antara staff kami yang paling optimistis pun tahu kalau kami tidak akan kebagian bola,” rutuk Pelatih Bournemouth, Eddie Howe, seperti dilansir BBC

Bagi City, kemenangan tipis ini membuat mereka menggeser Liverpool di puncak klasemen dengan 71 poin dari 29 pertandingan. Namun mereka bisa kembali turun posisi apabila Liverpool membekuk Everton, Senin (4/3/2019) dini hari WIB. 

Winger City, Riyad Mahrez, mengakui timnya butuh kesabaran untuk membongkar strategi ultradefensif Bournemouth. “Melawan [formasi] 5-4-1 itu tidak mudah, tapi kami bermain sangat bagus,” ujar Mahrez.