Piala Presiden 2019: Persib Bandung Catatkan Rekor Buruk

Persib Bandung vs PS Tira Persikabo (Antara Foto/Raisan Alfarisi)
03 Maret 2019 15:55 WIB Ivan Andimuhtarom Indonesia Share :

Solopos.com, BANDUNG - Persib Bandung mencatatkan sebuah rekor tak bagus di ajang Piala Presiden 2019. Mereka menjadi tim pertama yang menelan kekalahan dalam laga pembuka Piala Presiden yang digelar di kandang sendiri. Pada edisi sebelumnya sejak 2015, tuan rumah laga pembuka Piala Presiden selalu memetik kemenangan.

Persib menelan kekalahan di laga perdana Piala Presiden 2019 menghadapi PS Tira Persikabo di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (2/3/2019) sore WIB. Tampil sebagai tuan rumah Grup A, tim asuhan Miljan Radovic kalah dengan skor 1-2.

Padahal, pada Piala Presiden edisi pertama pada 2015, Persib meraih kemenangan atas Persiba Balikpapan dengan skor 4-0 pada laga pembuka kompetisi tersebut. Kini, mereka harus berjuang keras untuk lolos dari fase grup. Mereka wajib mengalahkan Persebaya Surabaya dan Perseru Serui pada pertandingan selanjutnya.

PS Tira Persikabo mampu unggul terlebih dahulu di laga tersebut. Pada menit ke-29, Osas Saha berhasil memanfaatkan blunder bek Persib, Henhen Herdiana. Saha dengan mudah merobek gawang yang dijaga M. Natshir.

Persib baru bisa bisa membuat gol penyama kedudukan pada awal babak kedua. Kim Jeffrey Kurniawan yang berdiri tanpa kawalan menyundul bola yang dilepaskan N'Douassell pada menit ke-49. Kiper PS Tira Persikabo, Angga Saputra tak kuasa membendung bola yang meluncur. Kedudukan 1-1.

Namun, publik Stadion Si Jalak Harupat terdiam setelah Osas Saha mencetak brace pada menit ke-70. Tendangan voli mantan pemain Persija Jakarta dari jarak dekat tak bisa dihentikan M. Natshir.

Brace yang ditorehkan Saha membuatnya menjadi pencetak gol pertama di Piala Presiden 2019 sekaligus menjadi pemain kedua yang mencetak dua gol di laga pembuka Piala Presiden. Pemain lain yang mampu melakukannya adalah Ilija Spasojevic (Persib). Osas Saha juga menjadi pemain pertama yang menerima kartu kuning di Piala Presiden 2019

Seusai pertandingan, asisten pelatih Tira-Persikabo, Miftahudin Makson memberikan pujian setinggi langit kepada Osas Saha. Miftahudin menyebut sang striker sudah bekerja dengan sangat keras sehingga memainkan kontribusi besar pada kemenangan atas Persib.

"Gol yang sangat cepat dari Osas membangkitkan motivasi pemain lain sehingga taktik bermain kita semakin berkembang," kata Miftahudin dikutip dari Liputan6.com, Sabtu malam.

Osas merupakan pemain yang baru direkrut tim asuhan Rahmad Darmawan. Ia mulai bergabung latihan di Stadion Mini, Cibinong pada Rabu (27/2/2019) lalu. "Osas, dia pemain cerdik dan pintar. Baru dua kali latihan diskemakan pelatih dan dia bisa menjalankan itu," ucap Miftahudin.